Indahnya Syiar Maulidur Rasul ala Gampong Lamkawe

 
Indahnya Syiar Maulidur Rasul ala Gampong Lamkawe

LADUNI. ID, ACEH-Salah satu kegiatan keagamaan yang telah mengakar kuat dalam masyarakat berupa Maulid dalam rangka memperingati hari lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW berlangsung meriah dan penuh keakraban serta nilai relegiusnya. Fenomena ini juga terasa sangat kental di Gampông Lamkawe, Kecamatan Kembang Tanjung, Pidie, Minggu, 6 Januari 2019.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh salah Salah seorang tokoh pemuda setempat menyebutkan banyak nilai yang dapat dipetik dari peringatan maulid yang dilaksanakan oleh masyarakat Lamkawe yang terkenal dengan relegius dan telah banyak melahirkan tokoh, pengusaha serta cendekiawan Islam di gampông yang terletak di pingiran jalan negara Sigli-Kembang Tanjung, Km.12 itu.

"Alhamdulillah perayaan maulid tahun ini berlangsung sangat meriah dan terasa nilai religi setidaknya syiar keagamaan terus berlanjut dan bertahan dari tahun ke tahun ," kata Teungku Edi Kurniawan, Ketua Pemuda Gampông Lamkawe.

Sosok agamawan ini menambahkan maulidur Rasul juga disisi dengan zikir maulid yang dibacakan alunan suara indah dan merdu oleh aneuk dayah. 

Sementara itu salah seorang penduduk setempat mengatakan, maulidur rasul bukan hanya dirasakan masyarakat kampung tempatan juga masyarakat perantau yang khusus pulang jauh dari perantauan. Di samping untuk melepaskan kerinduan terpendam kampung halaman juga untuk merajut kembali silaturrahmi dengan keluarga, tetangga sanak keluarga.

"Momentum maulid ini banyak sekali nilai positif dan relegiusnya yang dapat dipetik, kami yang perantauan jauh telah mempersiapkan untuk pulang ke kampung halaman dalam rangka memperat silaturrahmi dengan orang tua, kerabat dan masyarkat sekitar, ," kata  salah seorang warga perantau yang telah sukses di dunia pendidikan itu.

Tokoh agamawan muda itu menyebutkan dengan momentum mengharapkan nilai-nilai maulid Rasulullah dapat diaplikasikan di lapangan dalam meneledani sifat-sifat beliau dalam kehidupan sehari-hari," katanya.[]