Biografi Sahabat Abu Mahdzurah

 
Biografi Sahabat Abu Mahdzurah
Sumber Gambar: Ilustrasi (Foto ist)

Daftar Isi Biografi Sahabat Abu Mahdzurah

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Kisah-kisah
2.1  Memeluk Islam
2.2  Menjadi Muadzin Rasulullah

3.    Chart Silsilah Sanad

4.    Referensi

Abu Mahdzurah adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Nama aslinya Aus bin Mi’yar bin Laudzan Al-Jumahi. Beliau merupakan seorang muadzin Rasulullah di Mekkah.

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Tidak diketahui secara pasti tanngal, bulan, dan tahun kelahirannya Abu Mahdzurah karena minimnya sumber informasi.

1.2 Wafat

Abu Mahdzurah wafat pada tahun 59 hijriyah atau sekitar tahun 679 masehi di Mekkah.

2. Kisah-kisah

2.1 Memeluk Islam

Ketika Mekkah telah ditaklukkan oleh para kaum muslimin, Rasulullah SAW memerintahkan Bilah untuk mengumandangkan Adzan dari atas Ka’bah. Sebagian punduduk Mekkah yang belum bisa menerima Islam, mereka meniru-niru Adzan yang dikumandangkan oleh Bilal dengan maksud mengejeknya.

Tak terkecuali, Abu Mahdzurah pun ikut meniru-niru dengan suara yang bagus di antara yang lain. Ketika itu usianya masih 16 tahun.

Rasulullah SAW pun mendengar suara Adzan Abu Mahdzurah, lalu Beliau SAW memanggil dan mendudukkannya. Dalam hati Abu Mahdzurah, inilah akhir hidupnya karena telah mengejek Adzan.

Rasulullah SAW kemudian mengusap dada dan ubun-ubun Abu Mahdzurah dengan tangan mulia beliau. Abu Mahdzurah mengatakan, “Demi Allah, hatiku terasa dipenuhi keimanan dan keyakinan. Dan aku meyakini bahwa Muhammad adalah utusan Allah SWT.” Dan pada akhirnya Abu Mahdzurah mengikrarkan dirinya memeluk Islam.

2.2 Menjadi Muadzin Rasulullah SAW

Setelah Abu Mahdzurah memeluk Islam, Rasulullah SAW pun mengajari beliau Adzan. Dan setelah Rasulullah SAW meninggalkan Mekkah menuju Madinah, Abu Mahdzurah adalah orang yang pertama adzan dan menjadi muadzin di Masjid Al-Haram hingga akhir hayatnya.

3. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Abu Mahdzurah dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

4. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya