Biografi Ibnu Rajab

 
Biografi Ibnu Rajab
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi Biografi Ibnu Rajab

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Pendidikan dan Sanad Keilmuan
2.1  Masa Menuntut Ilmu
2.2  Guru

3.    Referensi

Nama sebenarnya adalah Abdurahman ibn Syihab al Din Ahmad ibn Rajab ibn Abd al Rahman ibn Hasan ibn Muhammad ibn Abi al Barakat Mas’ud al Hafidz Zain al Din Abu al Faraj al Baghdadiy al Dimasyqiy al Hanbaliy, terkenal dengan sebutan Ibnu Rajab.

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Ibnu Rajab lahir di kota Baghdad pada bulan Rabii’al Awwal tahun 736 H.

1.2 Wafat

Ibnu Rajab wafat pada bulan Rajab tahun 795 H.

2. Pendidikan dan Sanad Keilmuan

2.2 Masa Menuntut Ilmu

Ibnu Rahab beserta ayahnya datang di kota Damaskus dan disana beliau mendengarkan dan belajar berbagai ilmu pengetahuan bersama ayahnya dari Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al Khabaaz, Ibrahim ibn Daud al ‘Aththaar dan ulama ulama yang lainnya. Sedangka pada saat di Mesir beliau menimba ilmu dari Abu al Fath al Maidumiy, Abu al Hazm al Qallanasiy dan Syekh yang lainnya.

Adapun ayahnya adalah Ahmad ibn Rajab sejak kecil tumbuh dalam lingkungan pengetahuan ilmiah. Beliau telah membaca dan mendengar riwayat riwayat hadis dari beberapa ulama dimasa kecilnya, beliau juga memperdengarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada anak anaknya baik dikota Damaskus maupun di Yerusalem, dan pada akhirnya beliau menjadi ulama di Damaskus dan banyak dikunjungi oleh murid muridnya yang ingin belajar ilmu kepadanya. Beliau seorang ulama yang sangat alim dan menjaga dari hal hal yang tidak baik.

Ibnu Rajab mulai mengaji ilmu agama dari ayahnya, beliau juga seorang murid yang tekun mencari ilmu, sehingga tidak mengherankan apabila beliau banyak sekali memperoleh ilmu dari ayahnya, kondisi ini semakin didukung oleh ayahnya Ibn Rajab yang tidak henti hentinya menurunkan semua ilmu yang dimilikinya.

Sejak kecil Ibn Rajab sudah banyak sekali menghapal hadis-hadis Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam, beliau juga belajar tentang riwayat al-Quran dari beberapa ulama dan pada akhirnya beliau mahir dalam ilmu Fiqih, Ushul hadis, sejarah dan lainnya. Kecakapannya dapat dilihat dari kitab kitabnya yang berkualitas tinggi dan penuh dengan analisis. Kata-kata yang dipilih untuk menyusun kitabnya juga sangat mengagumkan. Begitu juga apabila dilihat dari segi rasionalitas dan istimbath hukum yang tidak berbelit belit.

2.2 Guru

  1. Ahmad ibn Rajab (Ayah),
  2. Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al Khabaaz,
  3. Ibrahim ibn Daud al ‘Aththaar,
  4. Abu al Fath al Maidumiy,
  5. Abu al Hazm al Qallanasiy

3. Referensi

Disalin dari kitab Al Takhwiif min al Naar wa al Ta’riif Hal Daar al Bawaar karya Ibnu Rajab 1408 H/1988 M

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya