Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 55: Rasa Syukur dan Kesehatan Mental, Perspektif Psikologi dan Ayat Al Qur’an

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 55: Rasa Syukur dan Kesehatan Mental, Perspektif Psikologi dan Ayat Al Qur’an

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh
Laduni.ID, Jakarta -  Kesehatan mental dan kebahagiaan hidup adalah hal yang penting bagi setiap individu. Salah satu ciri seseorang yang memiliki mental sehat adalah senantiasa bersyukur atas pemberian Allah SWT. Pentingnya sikap bersyukur ini terlihat dari banyaknya ayat Al Qur’an yang menjelaskan hal itu.

Al-Quran menekankan pentingnya bersyukur sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteran psikologis seseorang. Salah satu ayat yang relevan adalah QS Ibrahim (14:7) yang berarti,

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Ayat ini menggambarkan hubungan langsung antara rasa syukur dan penerimaan nikmat yang lebih banyak dari Allah SWT. Saat seseorang menghargai nikmat yang telah diberikan, hal itu dapat menciptakan perasaan positif yaitu bahagia. Perasaan ini akan semakin besar manakala seseorang semakin bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Seseorang yang lebih banyak diliputi kebahagiaan akan mengurangi risiko munculnya kecenderungan dan gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan sebagainya. Kebahagiaan merupakan tujuan yang diinginkan oleh banyak orang.

 

_______________________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 55  file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak Biografi  KH. Abdul Hadi Zahid
Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah guru beliau Di SINI