Biografi KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi

 
Biografi KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karier dan Karya
4.1       Karier Beliau
4.2       Karya Beliau

5         Keakhlakan Beliau
6         Referensi

7         Chart Silsilah Sanad

1  Riwayat Hidup dan Keluarga

        1.1  Lahir     
       KH. Ahmad Maisur Sindi al-Thursidi dilahirkan pada tanggal 18 juni 1925 M di desa Tersidi Kecamatan Pituruh, Kabupaten  Purworejo, Jawa Tengah. Nama al-Thursidi diambil dari nama desa beliau yaitu Tursidi. Ayahnya, KH. Sarbani adalah seorang yang dikenal oleh masyarakat sebagai ulama’ yang teguh dalam memperjuangkan agama dan bangsa terbukti dengan semangat beliau melawan penjajah.

       1.2  Riwayat Keluarga   
        Beliau menikah Umahatun yaitu putri dari nyai Zainatun binti Syafa’atun binti sapurah binti Imam Nawawi merupakan pendiri pertama pondok
pesantren Mahir ar-Riyadl Ringinanggung kampung Kediri dan dikarunia beberapa anak yaitu:  
            1.    Nyai Hj. Sri Rofah
            2.    KH. Munif Maisur
            3.    KH. Munshif Maisur
            4.    KH. Irfan Hamid Maisur 

       1.3  Wafat      
       KH. Maisur Sindi wafat dalam usia 72 tahun pada bulan shafar tepatnya bulan Agustus tahun 1997 M di Kediri, Jawa Timur. Beliau dimakamkan di Pondok Pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung, Pare, Jawa Timur, sebuah pesantren yang didirikan oleh Syekh Imam Nawawi.

 2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

        2.1  Mengembara Menuntut Ilmu  
       KH. Maisur Sindi mendapat pendidikan di tingkat ibtida’ (pendidikan awal setingkat sekolah dasar) oleh ayahnya sendiri yaitu KH. Sarbani mulai pada tahun 1931 M. Semenjak kecil beliau sangat cerdas jadi selama menerima pelajaran selalu mudah untuk memahaminya. Ketika sudah cukup dewasa, pada tahun 1937 M KH. Sarbani mengantarkan putranya, KH. Ahmad Maisur Sindi ke Pondok Pesantren di Pondok Lirab, Kab. Kebumen, Jawa Tengah, yang mana pondok tersebut khusus mengkaji ilmu alat yang meliputi Ilmu Nahwu, Ilmu Sharaf, Ilmu Mantiq, Ilmu Bayan, dan lain-lain.

Setelah beliau menyelesaikan pendidikan dari pondok pesantren Lirab, KH. Ahmad Maisur Sindi al-Thursidi melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren Tebuireng yang diasuh oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1940. Setelah itu, pada tahun 1941 M beliau melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Jampes, Kediri, Jawa Timur, kemudian di sinilah beliau mendirikan Madrasah Mafatihul Huda.

Setelah mendirikan dan merintis Madrasah Mafatihul Huda, Kemudian pada tahun 1942 M beliau melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Bendo, Pare, Kediri, Jawa Timur. Kemudian, beliau pulang ke kampungnya di desa Tersidi karena pada waktu itu terjadi penjajahan Jepan

         2.2  Guru-guru Beliau
         1. KH. Sarbani
         2. KH. Ibrahim
         3. KH. Hasyim Asy’ari
         4. KH. Ihsan Ibnu Dahlan

         2.3  Mengasuh Pesantren
        Kira-kira pada tahun 1950M, Kyai Maisur datang ke Ringinagung. mula-mula kedatangan beliau ke pondok Ringinagung hanya bertujuan tirah untuk kesembuhan sakit mata yg sedang beliau sandang, namun pada waktu kemudian beliau pun menjadi salah satu pengasuh generasi ketiga pondok Ringinagung yg memiliki pengaruh besar dimasanya.

       Jumlah santri pondok Ringinagung saat beliau datang dari pondok Bendo masih berkisaran antara ±50 dengan pengasuh dari generasi periode kesatu yg masih hidup adalah Kyai Makun. Dari keterangan sebagian keluarga, saat itu ada dua tokoh yg sangat berpengaruh di pondok Ringinagung. pertama yaitu Kyai Makun dan yg kedua adalah Nyai Syafa’atun istri kiai Abdur Rohim yang sudah Wafat. Kedua tokoh tersebut adalah cucu Kyai Imam Nawawi.
 
Ketika tiba di pondok Ringinagung, kiai Maisur pertama kali sowan di kediaman nyai Syafa’atun. Sejenak setelah menguraikan asal usul dan tujuan beliau datang, maka Nyai Syafa’atun yg mengerti bahwa Kyai Maisur bukan hanya seorang santri saja melainkan juga seorang guru yg sudah disepuhkan di pondok Bendo meminta Kyai Maisur untuk bersedia tirah di ndalem beliau. Nyai Syafa’atun lantas menyiapkan satu ruang kamar khusus di dalam rumah bagian depan untuk tempat tirah Kyai Maisur.
 
Ketika Kyai Maisur tirah di Ringinagung, banyak dari pihak keluarga besar Ringinagung dan tokoh masyarakatnya yg ingin menguji kealiman Kyai Maisur karena berdasar berita yg beredar, bahwa santri yg mondok di Bendo bukanlah santri sembarangan. Kebanyakan santri yg mondok di Bendo saat itu adalah santri yg sudah pandai-pandai dan mumpuni serta berbobot keilmuannya dan biasanya mereka yg mondok Bendo hanya dalam rangka bertabaruk.
 
Diujilah Kyai Maisur dengan berbagai macam permasalahan-permasalahan hukum agama yg terjadi ditengah masyarakat dan lain sebagainya. Dengan kealimanya maka dengan mudah pertanyaan-pertanyaan itu dapat dijawab satu persatu.

Mengetahui kealiman Kyai Maisur, para keluarga Ringinagung pun mempunyai pemikiran untuk memanfaatkan kealiman beliau guna memajukan pondok Ringinagung yg saat itu masih dalam masa transisi karena generasi penerus seperti Kyai Zaid dan Kyai Saubari masih mengenyam pendidikan di pondok pesantren.

Diantara permasalahan pondok yang diajukan kiai Makun kepada Kyai Maisur adalah mengenai tata tertib santri. Kyai Maisur mengajukan pendapat untuk mencanangkan peraturan-peraturan pondok yg kala itu belum ada. Pendapat Kyai Maisur itupun disetujui dan dibuatkanlah sebuah peraturan-peraturan untuk santri pertama kali oleh Kyai Maisur yang sampai saat ini masih ada terpapang di tembok serambi Masjid Ringinagung.

Berdasarkan keterangan yg dibubuhkan dalam catatan Kyai Maisur Sindi yg mengulas sejarah berdirinya madarasah al-Asna Ringinagung, beliau resmi menjadi penduduk Ringinagung pada tahun1375H/1956M. Beliau menuturkan sebagai berikut;
“Pada sannah 1375H/1956M saya menjadi penduduk dan warga pondok Ringinagung dan telah mengetahui wasiat mbah canggah [Kyai Imam Nawawi] dan memadahinya”.
 
Bertahun-tahun Ringinagung berdiri tanpa nama dan simbol. Kemudian berdasarkan keputusan dan hasil musyawaroh para masyayikh terdahulu ditetapkan sebuah nama “Mahir” yg berarti cerdik atau pandai. Menurut sebagian masyayikh yang ikut pembentukan nama tersebut mengatakan bahwa nama “Mahir” itu adalah singkatan dari Ma’had Islam Ringinagung, dan sebagai simbol khusus untuk melengkapi nama “Mahir” adalah sebuah lambang bergambar masjid yg diambil dari bentuk masjid Ringinagung.    

 3  Penerus Beliau

        3.1   Anak-anak Beliau
       Anak-anak beliau yang menjadi penerus beliau antara lain :
       1.    Nyai Hj. Sri Rofah
       2.    KH. Munif Maisur
       3.    KH. Munshif Maisur
       4.    KH. Irfan Hamid Maisur

        3.2  Murid-murid Beliau
        Murid-murid Beliau adalah para santren di Pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung

 4  Karier dan Karya Beliau

        4.1   Karier Beliau
       Pengasuh Pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung

        4.2   Karya Beliau
       Karya-karya Kyai Ahmad Maisur Sindi Al-Thursi di antaranya;
          1.    Tanbihul Muta’allim (karangan yang pertama dan terpopuler)
          2.    Tadzribunnujaba’
          3.    Nailul ‘Amal Fii Qowa’idul ‘i’lal
          4.    Tanbidzul Bayan
          5.    Tamridz dll.

 5  Keakhlakan Beliau

         Ketulusan niat disertai rasa ikhlas dalam segala amal, beliau buktikan pada saat mencari ilmu yang mana, Beliau berjalan kaki dari rumahnya desa Tersidi, Kec. Pituruh, Kab. Purworejo menuju Ponpes Tebu Ireng, Kediri, Jawa Timur. Pada waktu itu beliau tidak membawa bekal apapun kecuali uang benggol dari orang tuanya. Selama berminggu-minggu dalam perjalanan menuju Ponpes Tebuireng, beliau hanya makan 1 – 2 kali, bahkan hanya minum saja, Demikian itu berlanjut hingga beliau sering tirakat dan puasa selama bermukim di Pondok Pesantren.

        Dalam hal duniawi maupun ukhrawi, beliau paling tidak suka membanggakan diri baik dengan ilmu, amal, dan ibadah. Maka, hal itu beliau wasiatkan kepada anak cucu dan santri-santrinya dengan sifat tawadhu’ atau rendah hati. Dan sifat wara’ beliau terbukti dari meninggalkan perkara yang meragukan (syubhat) sebagaimana meninggalkan perkara yang haram, hal itu beliau contohkan dengan tidak makan di warung dan di pasar. Kemudian sifat ghirah Islamiyah dan fanatisme dalam beragama beliau buktikan dengan keteguhannya dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.

        Segala sisi kehidupannya, KH. Ahmad Maisur Sindi al-Thursidi mengusahakan untuk selalu benar-benar sesuai yang disyari’atkan agama. Hal ini terbukti dari rasa cintanya beliau kepada keluarga dan dzurriyah Nabi (keturunan Nabi), para sahabat, tabi’in, tabi’ tabi’in, ulama’ dan guru-gurunya. Kemudian dalam hal beribadah, beliau beristiqomah, hal itu terbukti dalam shalat fardhu, sunnah, rawatib, qiyamu al-lail dan ibadah yang lain beliau hampir tidak pernah ditinggalkannya walaupun dalam keadaan berpergian maupun sakit

 6   Referensi

https://www.facebook.com/pondokringinagung/posts/biografia-riwayat-hidup-kyai-ahmad-maisur-sindiriwayat-hidup-tokoh-memuat-riwaya/2344945442243642/

7   Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 06 Maret 2022, dan terakhir diedit tanggal 09 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya