Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 60: Memaknai Dua Nikmat yang Sering Terlupakan

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 60: Memaknai Dua Nikmat yang Sering Terlupakan

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh

Laduni.ID, Jakarta - Dalam kehidupan ada banyak nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita sebagai makhluk ciptaan-Nya, yang menjadikan kita tidak punya alasan untuk tidak taat kepada-Nya. Karena dengan nikmat-nikmat tersebut kita dapat merasakan berbagai kesenangan, ketentraman, serta berbagai kemudahan dalam menjalani hidup ini. Dalam Surat An Nahl ayat 18 Allah SWT mengingatkan kepada kita akan banyaknya nikmat yang telah diberikan:

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. An Nahl:18)

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa banyak sekali nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita, sehingga jika kita menghitungnya niscaya tidak akan bisa menghitung nikmat-nikmat tersebut. Hal ini yang seharusnya menjadikan kita hamba agar selalu taat dan patuh serta selalu menjalankan perintah dan menjauhi setiap larangan Allah SWT.

Terkait dengan sehat dan waktu luang yang sering terlupakan Rasulullah SAW sudah mengingatkan kepada umat Islam melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh sahabat Abdullah bin Abbas:

“Dari sahabat Abdullah bin Abbas bahwasannya Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ada dua nikmat yang kebanyakan manusia tidak bisa memanfaatkannya. Ialah nikmat sehat dan nikmat luang waktu.” (HR. Al-Bukhari No. 6412)”

Imam Nawawi dalam kitab Riyadu al-Shalihin menjelaskan hadis ini, bahwa banyak manusia yang terkecoh dengan dua jenis nikmat yang telah diberikan kepada mereka, yaitu nikmat kesehatan serta nikmat kesempatan (waktu luang). Karena banyak manusia walaupun dalam keadaan sehat dan waktu yang luang namun mereka tidak mampu melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah, dan tidak mampu meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah.


_______________________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 60  file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak Biografi Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar As-Segaf
Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah guru beliau Di SINI