Islam di Indonesia Tersambung dari Cahaya Ilmu & Silsilah yang Kuat

 
Islam di Indonesia Tersambung dari Cahaya Ilmu & Silsilah yang Kuat
Sumber Gambar: Nabawi TV, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Agustus 2023 menjadi jadwal rihlah Habib Umar bin Hafidz ke Indonesia. Salah satu rangkaian rihlah tersebut adalah Haul Imam Fakhrul Wujud Syekh Abu Bakar bin Salim. Haul Syekh Abu Bakar bin Salim di Cidodol ini telah menjadi peringatan haul besar yang menarik perhatian banyak Muslim Indonesia. Dimana Haul ini telah terlaksana selama puluhan tahun sebelumnya.

Habib Umar bin Hafidz, pendiri Rubath Darul Musthafa Tarim, Hadralmaut, Yaman ini menyatakan bahwa kehadiran para sahabat Nabi dan keluarga Nabi Muhammad SAW meneruskan misi kenabian yang berakar pada Al-Quran.

Beliau menjelaskan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kepada para sahabat dan keturunannya untuk menjadi pewaris risalah kenabian. Dan hal ini dibuktikan dengan adanya para pembawa Islam hingga ke Nusantara, terlebih salah satunya adalah melalui peran Aulia Tis'ah atau sering kita dengar sebagai Wali Songo. Dimana Walisongo ini sebagian besar adalah pembawa risalah yang tersambung dengan negeri Hadramaut.

Habib Umar menyampaikan bahwa ajaran Islam tersebar dengan baik di Nusantara ini berkat usaha para pendakwah baik sebelum Wali Songo dan setelah Walisongo. Dimana Wali Songo telah membawa cahaya ajaran Islam yang terang benderang, dengan ilmu pengetahuan dan silsilah keilmuan yang kuat.

Habib Umar bin Hafidz juga menjelaskan bahwa Nahdlatul Ulama, organisasi yang didirikan oleh Syaikh Hasyim Asy'ari, adalah anugerah luar biasa di Nusantara. "Ulama ini memiliki peran penting dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan berjuang demi kemajuan umat Islam di Indonesia. Begitu juga Rabithah Alawiyah yang berakar dari akhlak dan ilmu para pendahulunya (Habaib)," sambungnya.

Habib Umar menegaskan bahwa di negeri ini terlihat cinta mereka kepada keturunan Rasulullah SAW, tercermin dari banyaknya pesantren dan majelis dzikir yang memuliakan Rasulullah. "Tradisi Haul Syekh Abu Bakar bin Salim telah berlangsung selama sekitar 25 tahun, dan hari ini menunjukkan bahwa mereka yang mencintai keturunan Nabi Muhammad SAW masih memiliki perhatian yang sama," ungkap beliau.

Habib Umar bin Hafidz menghadiri acara Haul Syekh Abu Bakar bin Salim yang diadakan di kediaman Al Habib Muhsin Al Hamid, Komplek Hankam Cidodol Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada malam Sabtu tanggal 19 Agustus.


Editor: Athallah