Info Harian Laduni: 13 Oktober 2023

 
Info Harian Laduni: 13 Oktober 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 13 Oktober 2023 menjadi moentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian Habib Ali Kwitang Al-Habsy, beliau berpulang ke haribaan Allah SWT pada usia ke 98 tahun. Tepatnya pada hari minggu 20 rajab 1388 bertepatan dengan tanggal 13 Oktober 1968 di kediaman beliau di daerah Kwitang Jakarta.

Beliau merupakan tokoh penting dalam jejaring habaib pada akhir abad ke-19 dan paruh pertama abad ke-20. Hampir seluruh jejaring habaib di Nusantara dan Haramain terkoneksi dengan beliau, bahkan beliau juga menghubungkan generasi sebelum beliau dengan generasi setelah beliau, juga antara ulama pribumi dan ulama hadrami.

Habib Ali bin Abdurrahman Al-habsyi lahir pada hari Minggu tanggal 20 Jumadil ‘Awal 1286 atau pada 20 April 1870 di Kampung Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Beliau merupakan putra dari pasangan Al-Habib Abdurrahman Al-habsyi dengan Nyai Salmah. 

Kelahiran Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi merupakan kelahiran yang sangat ditunggu-tunggu kedua orang tua beliau, karena setelah bertahun-tahun menikah, Habib Abdurrahman dan Nyai Salmah belum juga diberi keturunan. Pada suatu waktu, Nyai Salmah kemudian bermimpi menggali sumur yang airnya melimpah ruah hingga membanjiri sekelilingnya. Lalu, diceritakanlah mimpi itu kepada sang suami.

Setelah mendengar mimpi istri beliau itu, Habib Abdurrahman langsung menceritakannya kepada Habib Syekh bin Ahmad Bafaqih. Kemudian, Habib Syekh menjelaskan, mimpi tersebut sebagai tanda akan lahir seorang putra yang saleh dan ilmunya akan melimpah ruah berikut keberkahannya.

Habib Ali Alhabsy merupakan sosok yang aktif dalam mengembangkan dakwah Islamiyyah, mengajak umat Islam untuk mengikuti ajaran-ajaran Islam yang suci dengan dasar cinta kepada Allah dan Rasul-Nya SAW. Akhirnya beliau mendirikan majlis taklim Kwitang pada tahun 1948.

Ketika Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi berusia 20 tahun, beliau mengadakan pengajian sambil berdagang kecil-kecilan di Pasar Tanah Abang. Pada usia itu pula Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi menikah dengan Hababah Aisyah Aisyah Assegaf dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi adalah sosok yang terkenal dengan akhlaknya yang tinggi, baik terhadap kawan maupun terhadap orang yang tidak suka kepadanya. Semuanya dihadapinya dengan ramah-tamah dan sopan santun yang tinggi. Terlebih lagi khidmat beliau terhadap ibunda beliau sangat luar biasa.

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

 

Mari sejenak kita bacakan Yasin dan Tahlil untuk beliau: Surat Yasin, Susunan Tahlil Singkat, dan Doa Arwah