Dahsyatnya “Shalawat Megatron” untuk Meraih Kesuksesan

 
Dahsyatnya “Shalawat Megatron” untuk Meraih Kesuksesan
Sumber Gambar: tribunnews.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakrta - Belakangan ramai dibicarakan sosok atlet muda bola voli asal Jember yang sukses berkarier di kancah Internasional. Namanya adalah Megawati Hangestri Pertiwi, tetapi akrab disapa dengan panggilan Megawati. Karena penampilan apik dan sering menjadi MVP (Most Valuable Player) dalam banyak pertandingan voli internasional, ia dijuluki dengan panggilan Megatron.

Atlet voli yang dilahirkan pada 20 September 1999 itu mengawali kariernya dalam olahraga voli sejak usia 14 tahun. Ia mengaku sangat mencintai olahraga voli sejak kecil sampai saat ini.

Dalam perjalanan kariernya, ia mengawali debut bersama Surabaya Bank Jatim pada Livoli Divisi Utama 2015. Setelah itu, Megawati bergabung dengan Pertamina Fastron pada kurung waktu 2015 hingga 2017.

Penampilan dan prestasinya yang semakin dikenal luas, akhirnya pada tahun 2017 Megawati resmi menjadi anggota Timnas Voli Indonesia dalam ajang SEA Games.

Dari penampilanya di ajang SEA Games, kemudian kariernya semakin meningkat dan bersinar. Ia dipercaya untuk bergabung dengan klub luar negeri dari berbagai negara, seperti di klub Supreme Chonburi-E.Tech, Thailand pada tahun 2021, lalu di klub Hà Phú Thanh Hóa, Vietnam pada tahun 2022, dan terakhir di klub Daejeon CheongKwanJang Red Sparks, Korea Selatan tahun 2023.

Perannya yang semakin moncer dan sering menjadi Top Scorer dalam setiap laga yang dijalaninya bersama klub Red Sparks, di Korea Selatan, membuatnya dijuluki Megatron oleh para pemain lain, bahkan semakin populer karena viral dan trending di media sosial.

Dalam sebuah kesempatan Megawati pernah mengungkapkan insiprasi di balik kariernya. Ia mengaku bahwa sosok inspiratif di balik kariernya dalam olahraga voli adalah sang ayah. Sosok pria itulah yang mengenalkan dan mengajarinya bermain voli, sebagaimana dikutip dari laman insertlive.com.

Selain itu, dalam sebuah video yang banyak beredar di media sosial, ia mengaku bahwa kesuksesan yang diraihnya sampai sejauh ini, tidak terlepas dari kebiasaannya dalam membaca shalawat, baik sebelum atau saat bertanding di lapangan voli.   

"Aku selalu berdoa di lapangan, seperti 'Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad,'" kata Megawati pada rekannya dalam video tersebut.

Tidak salah lagi, selain konsistensinya dalam bermain voli, keberkahan shalawat yang selalu dibaca itulah yang membawanya sampai menggapai kesuksesan karier. Apalagi juga ditambah dengan tekadnya menyisihkan sebagian gaji yang didapat dari klub untuk membangun sebuah masjid di kampungnya. Sepertinya itulah perpaduan rumus sukses yang sempurna, ikhtiar, shalawat (doa) dan sedekah.

Di kalangan kaum santri, membaca shalawat adalah sebuah keniscayaan yang sangat dipercaya banyak keberkahannya. Segala urusan dalam kehidupan akan mudah dihadapi dengan berkah bershalawat.

Ketika sosok atlet profesional dalam olahraga voli juga membuktikannya dalam setiap laga pertandingan yang dijalaninya, tentu akan semakin menguatkan adanya keberkahan itu.

Megawati Hangesti Pertiwi menjelma menjadi sosok “Megatron” dengan keberkahan shalawat. Maka tidak berlebihan jika lafadh shalawat yang sering diamalkan oleh Megawati, yang berbunyi “Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad” kemudian dikenal oleh netizen dengan sebutan “Shalawat Megatron”. []


Penulis: Hakim

Editor: Kholaf