Pesantren KH Wahid Hasyim Pasuruan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren KH Wahid Hasyim Pasuruan

Profil

    Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan islam yang bertujuan untuk mendidik moral ulama dan pemimpin bangsa. Oleh karena itu pondok pesantren dikenal sebagai pusat transformasi ilmu pengetahuan dan pusat pengembangan masyarakat. Untuk mencapai tujuan pondok pesantren sebagai agen transformasi ilmu pengetahuan, dikembangkan pengajian kitab-kitab klasik dan modern.

Pondok ini pada mulanya merupakan tempat pengajian anak-anak-remaja sekitar, para orang tua menitipkan anak-anak perempuan mereka yang mau menikah dengan tujuan untuk mendapatkan bekal ilmu dan pengalaman disaat mereka sudah berkeluarga. Oleh karena itu materi pengajian tersebut meliputi : pengajian Al-Qur’an, diba’ dan fiqhun Nisa’. Dalam perkembangannya santri yang mengaji semakin bertambah dan mayoritas anggota pengajian adalah kaum Hawa, sehingga ibu Nyai Mbah Ning Aisyah membangun 4 kamar dengan ukuran 3×3 M. yang pada saat itu dihuni oleh sekitar 20-30 santri.

     Pada tahun 1962 ibu Nyai Mbah Ning Aisyah Wafat. Kemudian beliau digantikan oleh putranya yang bernama KH. Abd. Syukur Marzuqi sebagai pengasuh pertama dan hanya memberikan pengajian pada jama’ah muslimat dan beliau didampingi oleh istri tercintanya yang bernama Hj Nuroniyah yang berasal dari Desa Kidul Dalem Kecamatan Bangil yang merupakan cucu dari seorang ningrat yaitu Mas Kerto Projo.

Akan tetapi perjuangan KH. Abd. Sjukur Marzuqi hanya berjalan 1 tahun, karena di tahun 1963 beliau wafat, sehingga pesantren tersebut sempat vakum selama 2 tahun, kemudian pada tahun 1965 dilanjutkan oleh putranya yang bernama KH. M. Choiron Sjakur sebagai pengasuh Pondok pesantren, beliau mempunyai 14 saudara dari seorang ibu, dari 2 saudara laki-laki (keduanya sudah meninggal) dan 11 saudara yang lainnya adalah perempuan.

    Pada tahun 1972 KH. M. Choiron Sjakur mendirikan Lembaga Pendidikan Mu’alimat Khusus putri yang dipimpin oleh Ustad. Alfan Urifan, dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1974 Lembaga Pendidikan Mu’alimat dirubah menjadi SMP KHA. Wahid Hasyim dengan alasan bahwa Lembaga Pendidikan Mu’alimat masa pendidikannya lama yaitu 6 tahun.

     Setelah usia sepuluh tahun berjalan SMP KHA.Wahid Hasyim dievaluasi oleh KH. M.Choiron Sjakur yang akhirnya memutuskan bahwa SMP KHA.Wahid Hasyim, tepatnya tahun 1983 secara resmi MTs. KHA.Wahid Hasyim berdiri yang terletak di Jl. Dr. Sutomo Sukalipuro. Pada waktu itu proses belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari, dikarenakan pagi harinya ruang belajar dipakai SDI KHA.Wahid Hasyim, pada tahun 1999 proses belajar mengajar dipindahkan ke gedung belajar baru yang berada di Jl. Tongkol No 32 B Dermo Bangil yang pada akhirya proses belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari.

    Kemudian Pada tahun 1986 KH.M. Choiron Sjakur mendirikan lembaga Madrasah Aliyah yang di pimpin oleh Bapak Haris Khozin, Madrasah Aliyah KHA.Wahid Hasyim ini bermula dari 1 jurusan saja,yaitu (jurusan bahasa), akan tetapi meskipun dari jurusan bahasa siswi dari MA KHA.Wahid Hasyim ini juga tidak kalah saing dalam mengikuti lomba-lomba di tingkat kabupaten maupun propinsi dari berbagai bidang study, termasuk lomba MIPA tingkat kabupaten.

Oleh karena itu akibat dari semangat dan kemahiran siswi dalam ilmu Alam akhirnya tepat pada tahun 2009 membuka 1 jurusan lagi yakni (jurusan IPA) sehingga para siswi bisa leluasa untuk memilih jurusannya sesuai dengan kemampuan dan keinginannya masing-masing dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

 

     Pencapaian kedua tujuan tersebut maka diwujudkan dalam unit-unit lembaga diantaranya: Madrasah Diniyah, Kelompok Bermain (play group), Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Masing-masing unit bertanggung jawab kepada yayasan.

  

 

Pengasuh

  1. Nyai Mbah Ning Aisyah
  2. KH. M. Choiron Sjakur
  3. Ustad. Alfan Urifan

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. MTs. KHA.Wahid Hasyim
  2. MA KHA.Wahid Hasyim
  3. SMK KHA.Wahid Hasyim

Pendidikan Non Formal

  1. Pondok Pesantren A. Wahid Hasyim dengan Nomor Statistik 51235750015
  2. Taman Pendidikan Al-Qur’an A. Wahid Hasyim dengan Nomor Statistik 411.2.35.75.0037
  3. Madrasah Diniyah Ula dengan Nomor Statistik 51235750044
  4. Madrasah Diniyah Wustha dengan Nomor Statistik 51235750058
  5. Wajar Dikdas 9 Tahun dengan Nomor Statistik 512357502008
  6. Paket C dengan nomor Statistik 512357502002

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh, Al Banjari
  8. Kaligrafi
  9. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  10. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  11. Pramuka
  12. PMR
  13. Paskibra
  14. Sepakbola
  15. Voli
  16. Basket
  17. Ketrampilan Hidup/Wirausaha: Menjahit, Menyulam, Komputer Kantor(MS-Office), Teknik Komputer, Bengkel.
     


 


Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
3. Gudang
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Dapur
11. Aula
12. Lapangan
13. Kantor
 


 



Alamat

Jl. Tongkol No.32 B Dermo, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur

Telepon: (0343) 743850

Kode Pos: 67153

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.