Info Harian Laduni: 27 November 2023

 
Info Harian Laduni: 27 November 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 27 November ini menjadi momentum bagi kita semua  untuk mengenang kepergian KH. Munawar Adnan Kholil. 

KH. Munawwar Adnan Kholil wafat pada hari Selasa, 27 November 2012 atau 13 Muharam 1434 pukul 00.30 di RS. Graha Amerta Surabaya. Beliau dimakamkan di Dusun Bunder Desa Dahan Rejo tepatnya di wilayah Pondok Pesantren Daruttaqwa III.

KH. Munawwar Adnan Kholil lahir setelah Salat Asar pada Jumat Pon 21 Ramadan 1305 H atau 23 Nopember 1954, di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Mohammad Adnan dan Nyai Afwah.

KH. Munawwar Adnan kholil kecil, beliau memulai pendidikanya dengan belajar ilmu agama kepada ayahnya. Kemudian beliau melanjutkan pendidikanya dengan belajar ilmu fikih, nahwu dan sorof KH. Abdulah Faqih dan KH. Muhamad Amin.

Pada tahun 1987 M, salah seorang cucu dari KH. Kholil bernama KH. M. Munawwar Adnan Kholil yang sedang dan sudah berkhidmah untuk nyantri selama 20 tahun di pangkuan KH. Usman Al-Ishaqi al-Maqfurlahu, di pondok pesantren Jatipurwo Sawah Pulo Surabaya, mendapat perintah dari gurunya (KH. Usman beserta para puteranya: KH. Asrori, KH. Arifin, KH. Minan) untuk melanjutkan perjuangan KH. Kholil dengan mendirikan pondok pesantren yang diberi nama Pesantren Daruttaqwa di desa Suci manyar Gresik.

Semasa hidupnya KH. Munawwar Adnan Kholil terkenal sebagai sosok yang sabar dan tidak sombong karena ia tidak membeda-bedakan. Bahkan, terhadap orang yang baru dikenalnya beliau bersikap apa adanya seperti menanggapi para saudaranya. Sehingga masyarakat sekitar sangat menghargai dan menghormati beliau sebagai sosok kiai yang berwibawa dan juga rendah hati.

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

Mari sejenak kita bacakan Tahlil untuk beliau: Surat Yasin, Susunan Tahlil Singkat, dan Doa Arwah