Ziarah Makam Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad (Habib Kuncung)

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad (Habib Kuncung)
Sumber Gambar: Makam Habib Kuncung/Alif.id

Laduni.ID, Ngawi – Al-Imam Al-Arifbillah Al-Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad (Habib Kuncung) adalah seorang waliyullah Khoriqul A’dah yang berada pada tingkatan Majdub. Beliau juga disebut sebagai Ahli Darkah, yaitu saat seseorang berada dalam kesulitan atau sedang membutuhkan bantuan beliau selalu datang dengan tiba-tiba.

Tidak banyak literatur sejarah tentang beliau, namun diperkirakan beliau lahir di Gurfha, Hadramaut, Tarim, Yaman pada 26 Sya’ban1254 Hijriah. Habib Kuncung memiliki nasab yang tersambung hingga Rasulullah SAW, beliau merupakan keturunan ke-40.

Ketika dewasa, beliau pernah bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, dalam mimpinya Rasulullah menyuruhnya untuk pergi ke Pulau Jawa menyebarkan agama Islam. Akhirnya, setelah Habib Kuncung berziarah ke makam Nabi Muhammad di Madinah, beliau langsung pergi ke Pulau Jawa sebagaimana perintah Nabi Muhammad SAW.

Sejak kecil, beliau mendapatkan Pendidikan agama dari sang ayah, Al habib Alwi Al Haddad. Selanjutnya beliau berguru kepada Al habib Ali bin Husein Al Hadad Hadramaut, Al Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi dan kepada Habib Keramat Empang Bogor, Al Habib Abdullah bin Mukhsin Al Attas. Saat berguru kepada Habib Keramat Empang Bogor pula beliau mendapatkan julukan “Kuncung”, dikarenakan kebiasaan beliau yang sering memakai topi yang menjulang ke atas (kuncung). Beliau juga sering hadir di Majelis Ilmu yang diadakan di kediaman Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi (Habib Kwitang).

Lokasi Makam

Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad wafat pada 29 Sya’ban pada 1345 H pada usia 93 tahun. Mulanya jenazah Habib Kuncung hendak dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga Habib Toha bin Ja'far Al-Haddad. Namun setelah dishalatkan di Masjid At-Taubah dan hendak dimasukkan ke liang lahat, jenazah Habib Kuncung tak bisa diangkat hingga 10 orang.

Akhirnya setelah Habib Toha shalat sunnah bisyaroh ternyata shohibul maqom (jenazah Habib Kuncung) ingin dimakamkan di pemakaman keluarga Habib Abdulloh bin Ja'far Al-Haddad.

Makamnya terletak di samping Masjid At-Taubah di Kawasan Kalibata, Jl. Rawajati Timur II No.69, RT.3/RW.8, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan. Makam beliau berada di antara makam keluarga Habib Al Haddad.

Disadur dari kicaunews.com

Sumber foto: Mpokiyah, Sites Google, Tribunnews


Editor: Daniel Simatupang