Info Harian Laduni: 8 Desember 2023

 
Info Harian Laduni: 8 Desember 2023

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Jum’at, 8 Desember 2023 bertepatan dengan hari lahir Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari. Dan hari wafat KH. Abdul Aziz Manshur.

Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari

Syekh Muhammad Tahir bin Muhammad bin Jalaluddin Ahmad bin Abdullah Al-Minangkabawi Al-Azhari Tahir atau biasa dikenal sebagai Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari, lahir di Cangking, Minangkabau pada tanggal 4 Ramadan 1286 H atau 8 Desember 1869 M.

Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari menikah dengan Aisyah binti Syekh Muhammad bin Syekh Ismail Al-Khalidi di Makkah pada tanggal 26 Zulkaedah 1305 H/ 4 Agustus 1888 M.

Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari wafat di Kuala Kangsar, Perak, sesudah shalat Subuh pada hari Jum’at, 22 Rabiulawal 1376 H/26 Oktober 1956 M.

Pada tahun 1879 M, ketika beliau masih berusia 10 tahun, pergi ke Makkah bersama Syekh Ahmad Khatib bin Abdul Lathif. Sesampainya di Makkah, beliau diasuh oleh Syekh Muhammad Saleh Al-Kurdi. Beliau mengaji Al-Qur’an kepada Syekh Abdul Haq di Madrasah Asy-Syekh Rahmatullah serta belajar kitab kepada Syekh Umar Syatha, Syekh Muhammad Al-Khaiyath, dan Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi.

Syekh Tahir mencatat sisi pengembaraan dan pengalamannya di beberapa kerajaan Nusantara, beliau pertama kali menginjakkan kakinya di Singapura pada tanggal 9 Ramadan 1305 H/ 20 Mei 1888 M. Tanggal 15 Safar 1310 H/ 8 September 1892 M pergi ke Riau, Pulau Penyengat. Di sana beliau berjumpa dengan Syekh Muhammad Nur bin Syekh Ismail Al-Khalidi Al-Minangkabawi.

Karya dari Syekh Tahir, kitab Irsyadul Khaidhi li `Ilmil Faraidhi, diselesaikan pada hari Kamis, 12 Jamadil Akhir 1348 H. Cetakan pertama, Mathba'ah Al-Ahmadiah 82 Jalan Sultan, Singapura, 10 Rajab 1348 H/ 11 Desember 1929 M. Kandungannya membicarakan masalah membahagi pusaka. Penggal yang kedua, diselesaikan pada hari Jumat, 9 Safar 1371 H. Cetakan pertama, oleh percetakan yang sama, 1371 H/ 1952 M.

Simak biografi lengkapnya di: Biografi Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari

KH. Abdul Aziz Manshur

KH. M. Abdul Aziz Manshur lahir pada tahun 1941 di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in, Pacul Gowang, Diwek, Jombang. Beliau merupakan putra kelima dari sepuluh bersaudara, dari pasangan KH. Manshur Anwar dengan Nyai Hj Salamah.

Di Lirboyo sendiri, KH. M. Abdul Aziz Manshur menghabiskan masa mudanya hingga menamatkan pendidikan di usia 21 tahun. Kemudian beliau melanjutkan pengabdiannya hingga usia 30 tahun. Di Lirboyo jugalah beliau akhirnya menikah dengan Nyai Hj. Muslihah Marzuqi yang tak lain adalah adik dari sahabat dan saudaranya KH. Idris Marzuqi yang juga putri gurunya sendiri, yakni KH. Marzuqi Dahlan.

KH. M. Abdul Aziz Manshur wafat pada dini hari sekitar pukul 00.10 WIB,  8 Desember 2015, di Rumah Sakit Graha Amerta Dr. Soetomo, Surabaya. Beliau meninggal dunia pada usia 71 karena sakit gangguan ginjal. Jenazah beliau dimakamkan pemakaman keluarga Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang, Jombang.

Sejak usia dini KH. M. Abdul Aziz Manshur mulai dididik oleh kedua orang tuanya. Pada usia 4 tahun beliau diajar orang tuanya mengenal fasolatan, thoharoh (sesuci) dan menghafal juz Amma  langsung oleh Ibu beliau.

Memasuki usia 6 tahun beliau mulai ikut sekolah, kemudian dilanjutkan dengan belajar Al-Qur’an. Dalam mengkaji Al-Qur’an,  hanya butuh waktu 1 tahun bagi beliau untuk mengkhatamkan Al-Qur’an, dan mengadakan tasykuran.

Setelah melangsungkan pernikahan, tak lama kemudian KH. M. Abdul Aziz Manshur menggantikan ayahandanya yang telah kembali kerahmatullah sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in.

KH. M. Abdul Aziz Manshur dengan penuh tanggungjawab memikul amanah dari ayahandanya, mengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in dengan sepenuh hati, percaya diri, dan rasa ikhlas.

KH. M. Abdul Aziz Manshur adalah sosok ulama dari Jombang yang memiliki sifat lemah lembut, sabar, dan mengayomi masyarakat, dan santri-santrinya di Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in, Pacul Gowang, Jombang. KH Abdul Azis Mansur adalah salah satu icon kiai salaf Jombang yang amat berpengaruh. Pondok pesantren asuhannya di Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in menjadi salah satu andalan dalam forum bahtsul masail pondok pesantren di Jombang. Semangatnya memberikan wejangan ilmiah menjadi inspirator para santri hari ini.

Simak biografi lengkapnya di: Biografi KH. Abdul Aziz Manshur