Info Harian Laduni: 03 Januari 2024

 
Info Harian Laduni: 03 Januari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 03 Januari 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Muslih Ilyas.

KH. Muslih Ilyas
KH. Muslih Ilyas atau yang akrab dengan sapaan Pak Muslih lahir pada 3 Januari 1958 M. di Kediri.

KH. Muslih Ilyas memulai pendidikannya dengan belajar di Pondok Pesantren Lirboyo. Di sana beliau belajar selama 6 tahun. Setelah selesai, beliau melanjutkan dengan belajar di Pondok Krapyak yang diasuh oleh KH. Ali Maksum.

Selama di Krapyak Kyai Muslih hidup dengan ikut menumpang sebagai tukang memasak (ikut ndalem). Selama beberapa bulan di Krapyak dengan hanya ikut mondok beliau merasa waktunya banyak terbuang, mengingat pengajian hanya dilakukan sore, malam dan pagi hari. Sehingga beliau memberanikan diri sowan kepada KH. Ali Maksum untuk sekolah lagi.

KH. Muslih Ilyas adalah seorang Ustadz di Pesantren Al-Munawwir Komplek Q, beliau mengajar setiap sore dengan kitab yang dikajinya adalah Minhajul Muslim.

KH. Muslih Ilyas mengawali karir di GP Ansor kota Yogyakarta setelah menamatkan dari bangku kuliahnya di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (sekarang UIN Suka). Menurut beliau Yogakarta adalah daerah yang strategis untuk membangun dan meningkatkan karir, mengingat daerahnya yang tak begitu luas, yang mana jumlah provinsi hanya terdiri dari 5 kabupaten dan menurut Kyai Muslih bagi siapapun, yang terpenting adalah mau berbuat maka karirnya akan berkembang.

Selanjutnya KH. Muslih Ilyas mulai aktif di ranah politik dengan bergabung di partai Persatuan Pembangunan Bangsa (PPP) regional Yogyakarta. Menurutnya partai PPP memiliki beberapa jenis keistimewaan, seperti yang kita ketahui bahwa PPP adalah sebuah partai Islam. Anggota PPP terdiri dari berbagai ormas Islam, ada Muhammadiyah, NU, Syarikat Islam, Tarbiyah Islamiah dll. Sehingga dalam partai PPP persaingan tak hanya dari luar saja (eksternal) melainkan terdapat juga persaingan dari dalam para anggotanya yang terdiri dari berbagai ormas tersebut (intenal).

Simak biografi selengkapnya di: KH. Muslih Ilyas
Simak Chart Silsilah Sanad Guru KH. Muslih Ilyas