Info Harian Laduni.ID: 21 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 21 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 21 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir Tuan Guru Haji (TGH) Muchammad Soleh Hambali (Tuan Guru Bengkel), KH. Maksum Rejoso, Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A dan hari wafat Syekh Mohammad Khalil Al-Khatib

TGH. Muchammad Soleh Hambali
Tuan Guru Haji (TGH) Muchammad Soleh Hambali atau yang akrab dengan sapaan Tuan Guru Bengkel lahir pada waktu Isya, hari Jum‘at, 7 Ramadhan 1313 H/21 Februari 1896 M di Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Beliau merupakan putra terakhir dari pasangan Hambali bin Gore dengan Rahimah (alias Inak Fatimah).

Tuan Guru Bengkel wafat pada hari Sabtu, tanggal 7 September 1968 M/13 Jumadil Akhir 1388 H. Pada jam 17.00 sore, jenazah Tuan Guru Bengkel dimakamkan, tepatnya di depan Masjid Jami' M. Shaleh Hambali yang sekarang.

Pada tahun 1903 M/1320 H ketika Tuan Guru Bengkel berumur tujuh tahun, bapak angkatnya H. Abdullah (Amak Rajab) menitipkannya mengaji Al-Qur’an dan sekaligus belajar tajwid pada Bapak Ramli (alias Guru Sumbawa) di Desa Bengkel. Dinamakan Guru Sumbawa, karena gurunya itu pergi mengaji Al-Qur’an pada seorang guru Al-Qur’an yang ahli tajwid di Taliwang, Sumbawa.

Pada waktu menuntut ilmu, Tuan Guru Bengkel mendapatkan ijazah ilmu yang muttasil sampai Nabi Muhammad SAW dari beberapa gurunya, yaitu Syaikh Hasan bin Sa'id Al-Yamani dan Syaikh Ali Maliki Al-Makki serta dari guru Al-Qur’an-nya di Al-Madinah Al-Munawwarah, yaitu Syaikh Ali Umairah Al-Fayumi.

Pemikiran Islam Tuan Guru Bengkel memiliki sifat kontekstual dengan masyarakat Sasak, khususnya pada awal abad ke-20. Pengaruh Hindu yang merasuk kuat dalam tradisi dan telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Sasak, seperti dalam upacara pernikahan selalu diiringi dengan musik dan tarian, menjadi dasar Tuan Guru Bengkel menulis kitab pertamanya tentang hukum bernyanyi dan menari yakni Kitab Luqtah Al-Jawharah.

Tuan Guru Bengkel menuangkan kreativitas intelektualnya melalui berbagai macam buku. Hal ini dilakukannya dalam rangka menjawab masalah pada zamannya. Tradisi terjemah atau syarh (penjelasan) suatu kitab tertentu dalam Bahasa Arab dan Arab Melayu merupakan tradisi pada masa itu dan juga masa sebelumnya.

Simak biografi lengkapnya di: TGH. Muchammad Soleh Hambali
Simak chart silsilah sanad TGH. Muchammad Soleh Hambali

KH. Maksum Rejoso
KH. Maksum lahir pada 21 Februari 1911 M, di Rejoso, Jombang, Jawa Timur. Beliau merupakan putra ketiga dari pasangan KH. Kholil Rejoso dengan Nyai Siti Fatimah. Dan KH. Maksum wafat pada 26 Rajab 1380 H/14 Januari 1961 M, dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang.

Sepulangnya dari tanah suci, KH. Maksum dipondokkan di Pesantren Tebuireng asuhan KH. Hasyim Asyari sampai tahun 1926. Tahun 1926 hingga 1928, beliau berguru lagi kepada ayahnya serta pamannya, KH. Romly Tamim.

Pada akhir tahun 1928, beliau berkesempatan melanjutkan nyantri bersama kakaknya di Saudi Arabia pada madrasah as-Shaulatiyah al-Hindiyah di bawah asuhan Syekh Salim al-Hindi. Di tahun 1935, Maksum mempunyai karir baru sebagai tenaga pengajar di Madrasah Darul Ulum, Mekkah, dan ia baru kembali ke Tanah Air tahun 1937.

KH. Maksum merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang. Beliau diberi amanah untuk managemen pendidikan Pondok Pesantren Darul Ulum.

Selama hidupnya, KH. Maksum juga aktif di pergerakan sosial, politik, maupun pendidikan. Pada tahun 1940, beliau ditunjuk oleh warga Nahdliyin sebagai wakil Syuriah NU, Jombang, antara Tahun 1946-1948, beliau aktif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Jombang.

Pada tahun 1950, beliau menjabat sebagai ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU di Jombang, lalu dilanjutkan, dengan menjadi anggota Konstituante Republik Indonesia. Pada tahun 1946, KH. Maksum ditunjuk sebagai pelaksana Administrasi Managemen di Jamiyah Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Maksum Rejoso
Simak chart silsilah sanad KH. Maksum Rejoso

Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A
Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A lahir pada tanggal 21 Februari 1956, di Arjawinangun, Cirebon. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Muhammad dengan Nyai Umi Salamah bin KH. Syathori, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid, Arjawinangun.

Sejak kecil Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A telah menunjukkan bakatnya dalam ilmu-ilmu Al-Qur'an. Ketika masih duduk di kelas IV SD dan belum lagi dikhitan, beliau telah hafal tiga juz Al-Qur'an, yakni juz 28, 29, dan 30.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD dan SMP Arjawinangun beliau melanjutkan pendidikannya di Pesantren Lirboyo, Kediri, sambil belajar di SMU. Sejak lama, Pesantren Lirboyo memang didominasi oleh para santri asal Cirebon dan sekitarnya.

Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A adalah pengasuh Pesantren Dar Al-Qur`an Kebonbaru, Arjawinangun, Cirebon.

Sejak 2 November 2005, beliau menjabat rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), Jakarta, perguruan tinggi yang mencetak para ahli Al-Qur’an. Posisi ini sebelumnya diduduki tokoh-tokoh yang terkenal pakar di bidang ilmu-ilmu  Al-Qur’an, seperti Prof. KH. Ali Yafie (2001-2005), sementara rektor sejak IIQ berdiri adalah Prof. H. Ibrahim Hosen (1977-2001).

Simak biografi lengkapnya di: Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A
Simak chart silsilah sanad Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad., M.A

Syaikh Mohammad Khalil Al-Khatib
Syaikh Mohammad Khalil Al-Khatib lahir di Desa Naidah, Markaz Akhmim, Muhafazah Suhaj, Mesir pada hari Selasa, 9 Mei 1909 (16 Safar 1327). Beliau merupakan anak tunggal kepada pasangan Sayyid Khalil dan Sayyidah Na'isah.

Beliau wafat pada hari Jum'at, 21 Februari 1986 (12 Jamadil Akhir 1406) dalam usia 77 tahun. Jenazah beliau disemadikan di Masjid Al-Muhafazah, Tanta.

Syaikh Mohammad Khalil Al-Khatib muda menghafal Al-Qur'an semenjak kecil lagi dan berjaya menyelesaikan hafalannya ketika berusia 10 tahun. Setelah itu beliau mula menghafal sebagian besar matan-matan ilmu sebelum melanjutkan pelajaran di Maahad Suhaj Al Dini. Beliau berjaya menamatkan pengajiannya di Maahad tersebut dengan memperoleh Syahadah Ibtidaiyyah pada tahun 1924 (1342) ketika berusia 15 tahun.

Perkara ini beliau sebutkan dengan jelas di dalam kitabnya yang bertajuk Ithaful Akhyar bi Asohhil 'Aqoidi wal Azkar pada bab Sanad al Khatib. Beliau diizinkan untuk memimpin Madrasah Syazuliyyah Khalwatiyyah pada bulan Mac 1938 bersamaan bulan Muharam 1357 ketika berusia 30 tahun. Oleh yang demikian, beliau merupakan pengasas Tariqat Khatibiyyah Syazuliyyah Khalwatiyyah.

Beliau mula aktif dalam bidang penulisan ketika masih menuntut di peringkat menengah lagi. Sepanjang usianya, beliau telah menghasilkan sebanyak 77 buah karya yang merangkumi bidang Tafsir, Hadis, Nahwu, Sorof, Balaghah, Sirah, Fiqih, Syair-syair Arab dan artikel-artikel semasa.

Simak biografi lengkapnya di: Syaikh Mohammad Khalil Al-Khatib

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.