Pesantren Nurul Ulum Malang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Nurul Ulum Malang

Profil
Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kebonsari Sukun Malang, didirikan pada tahun 1967 oleh almarhum KH. Ahmad Syifa. Yang bertujuan untuk mendidik putra putri Indonesia yang berguna dan bermanfaat badi masyarakat serta bangsa Indonesia untuk dibina menjadi generasi yang berilmu amaliyah dan beramal ilmiyah yang mempunyai keterampilan dalam mengisi pembangunan masyarakat dan Negara terutama di dalam pendidikan dan dakwah.

Pesantren Nurul Ulum berkembang dan maju dengan menambah pendidikan formal di lingkungan pesantren di antaranya MTs dan MA.

Sejarah
Dahulu setelah jaman kemerdekaan sekitar tahun 1950-an, di Jl. Aipda Satsui Tubun 17 Rt. 02/03 Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang tersebutlah nama KH. Syifa’, seorang tua yang alim dalam hal agama. Banyak penduduk sekitar yang belajar mengaji padanya, khususnya para pemuda-pemudi. Pada awalnya mereka mengaji berangkat dari rumah dan lama-kelamaan ada yang mulai bermukim. Dengan semakin bertambahnya santri, maka pada tahun 1967 Ibu Nyai Rohmah Nur, istri KH. Syifa’ berkeinginan untuk mendirikan sebuah pondok pesantren dengan tujuan menampung santri-santri yang datang dari daerah jauh.

Pondok tersebut diberi nama Nurul Ulum yang berarti cahaya ilmu-ilmu. Pondok ini dibangun di atas tanah seluas 25 x 50 meter, milik beliau sendiri. Bangunan tersebut sangatlah sederhana dengan berupa dinding-dinding yang terbuat dari bambu (gubug). Pada saat itu pengajaran masih menggunakan sistem klasik yakni

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.