Info Harian Laduni.ID: 27 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 27 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 27 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. A. Musallim Ridlo.

KH. A. Musallim Ridlo
KH. A. Musallim Ridlo lahir pada 27 Februari 1932, di Banyumas. Beliau merupakan putra dari KH. A Masruri. Dan KH. A. Musallim Ridlo wafat pada Kamis, 1 Mei 2014 silam. Jenazah beliau dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Al-Masruriyah Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden, Banyumas.

KH. A. Musallim Ridlo tumbuh dan dibesarkan di lingkungan pesantren. Kyai Musallim kecil mendapat didikan agama langsung dari sang ayah Almaghfurlah KH. A. Masruri. Ketika para santri lain masih terlelap tidur, Kyai Musallim mengaji seorang diri di bawah penerangan lampu minyak.

Selain mengaji ilmu agama, Kyai Musallim muda juga menempuh pendidikan formal di Sekolah Rakyat (setara SD). Ternyata, kepiawaian Kyai Musallim dalam ilmu agama telah diakui sang ayah sekaligus guru saat usianya relalif muda. Suatu hari KH. A. Masruri akan mengimami shalat jama'ah seperti hari-hari biasa namun beliau merasa was-was saat hendak takbiratul ihram. Lantas, beliau memilih mundur dan meminta Kyai Musallim menggantikannya sebagai imam.

KH. A. Musallim Ridlo adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Masruriyah. Dan KH. A. Musallim Ridlo merupakan sosok ulama yang moderat, guru santri, praktisi politik, dan menjabat Ketua NU Banyumas selama tiga dekade.

Aktivitas dakwah dan politik dilakoninya secara tulus dan penuh sukacita. Mengisi ceramah pengajian hingga pelosok pedesaan adalah hal dinantikan umat. Bahasa ceramahnya blakasuta alias lugas, tanpa tedheng aling-aling, sehingga mudah dicerna oleh kalangan awam sekalipun.

Simak biografi lengkapnya di: KH. A. Musallim Ridlo
Simak Chart Silsilah Sanad KH. A. Musallim Ridlo