Info Harian Laduni.ID: 29 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 29 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Kamis, 29 Februari 2024 bertepatan hari wafat KH. Abdullah Faqih.

KH. Abdullah Faqih
KH. Abdullah Faqih lahir pada 2 Mei 1932 M di Widang, Tuban. Beliau merupakan putra pertama dari tiga saudara, dari pasangan KH. Rofi'i dan Nyai Khadijah. Dan KH. Abdullah Faqih wafat pada 29 Februari 2012 di Widang, Tuban dalam usia 79 tahun.

KH. Abdullah Faqih kecil, beliau belajar langsung kepada ayahnya, KH. Abdul Hadi Zahid. Setelah selesai, beliau melanjutkan dengan belajar di Pondok Pesantren Kauman, Lasem Rembang. Di Lasem beliau belajar ke beberapa guru, diantaranya: KH. Baidhowi, KH. Ma'shum Lasem, KH. Fathurrahman, KH. Maftuhin, KH. Manshur dan KH. Mashduqi Lasem.

KH. Abdullah Faqih merupakan generasi kelima yang memimpin Pesantren Langitan sejak 1971, menggantikan KH. Abdul Hadi Zahid yang meninggal dunia karena usia lanjut. KH. Faqih didampingi KH. Ahmad Marzuki Zahid, yang juga pamannya.

Di mata para santrinya, Kyai Faqih adalah tokoh yang sederhana, istiqomah dan alim. beliau tidak hanya pandai mengajar, melainkan menjadi teladan seluruh santri. Dalam shalat lima waktu misalnya, beliau selalu memimpin berjamaah. Demikian pula dalam hal kebersihan.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Abdullah Faqih
Simak chart silsilah sanad KH. Abdullah Faqih

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.