Tentang Anjuran Menebarkan Kasih Sayang kepada Semua Makhluk

 
Tentang Anjuran Menebarkan Kasih Sayang kepada Semua Makhluk
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu Hadis yang diriwayatkan secara musalsal sampai kepada Rasulullah SAW yang sanadnya dimiliki oleh para kyai di Nusantara adalah Hadis tentang kasih sayang atau yang disebut dengan Hadis Rahmah.

Hadis yang dimaksud terkait dengan kasih sayang tersebut diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi sebagaimana berikut:

 حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنْ أَبِي قَابُوسَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمْ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ

“Telah menceritakan kepada kami (Ibnu Abu Umar), telah menceritakan kepada kami (Sufyan) dari (Amr bin Dinar) dari (Abu Qabus) dari (Abdullah bin Amr), ia berkata; Rasulullah SAW bersabda: ‘Orang-orang yang mengasihi akan dikasihi oleh Ar-Rahman, maka berkasih sayanglah kepada siapa pun yang ada dibumi, niscaya Yang ada di langit akan mengasihi kalian.’”

Dalam pengakuan KH. Musthofa Bisri, beliau pernah mendapatkan sanad riwayat Hadis Rahmah dari Syaikh Yasin Al-Fadani. Sementara itu, KH. Ahmad Sahal Mahfudz sering kali mengijazahkan Hadis tersebut kepada para santrinya yang telah menamatkan tingkat Madrasah Aliyah di pesantren Mathali’ul Anwar Kajen. Demikian pula kyai-kyai pesantren yang lain. Saya yakin mereka mempunyai sanad Hadis Rahmah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN