Biografi KH. Moch. Djamhari Ghozali Anwar, Muasis Pesantren An-Nur Ponorogo

 
Biografi KH. Moch. Djamhari Ghozali Anwar, Muasis Pesantren An-Nur Ponorogo

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Moch. Djamhari Ghozali Anwar merupakan ulama thariqah sekaligus Muassis Pondok Pesantren An-Nur, Trisono, Babadan,  Ponorogo, Jawa Timur. Beliau lahir dari pasangan suami istri Muhammad Darman dan Nyai Satinem dari Desa Banaran, Delopo, Madiun.

1.2 Wafat
KH. Moch. Djamhari Ghozali Anwar wafat pada tahun 1999, Kiai Djamhari dikebumikan di area Pondok Pesantren An-Nur sebagaimana wasiatnya yang ingin dimakamkan di lokasi tempat beliau berjuang.

1.3 Riwayat Keluarga
Setelah Kiai beranjak dewasa, beliau menikah dengan seorang perempuan yang berasal dari Baleboto, Madiun dan tinggal di sana. Bersamanya, Kiai dikaruniai empat orang puteri. Kemudian Kiai menikah lagi dengan istri kedua yang berasal dari Babadan, Ponorogo dan hijrah ke sana. Istrinya tersebut bernama Nyai Ismi Munawwarah.

Dari istri yang kedua ini, Kiai dikaruniai dua orang putra dan putri. Sayangnya, sebelum dewasa keduanya meninggal. Akhirnya, Kiai mengangkat tiga keponakan dari istrinya untuk dijadikan anak, mereka adalah Ning Harin Darmasastuti, Gus Arba’ dan Ning Nuraini. Bersama istrinya yang kedua ini lah Kiai mendirikan Pondok Pesantren An-Nur.

Setelah itu, Kiai menikah lagi dengan seorang perempuan dari Sareng, Madiun dan dikaruniai seorang putra yang bernama Gus Zamzuli. Kemudian menikah lagi dengan seorang perempuan dari Tulungagung dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Gus Andri dan Gus Maksum Singgih Kusumo Yudo.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Kemudian Kiai mengikuti perintah gurunya untuk terus berjalan ke arah Barat sampai ia bertemu Syekh Imam Bakri, Syekh Tholhah dan Syekh Imam Rifai. Menurut keterangan KH. Muhammad Fuaidil Khalik Alhamdani, selaku pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, mereka bertemu di wilayah Cirebon dan Banten. Dari ulama-ulama tersebut, Kiai mendapatkan ijazah satu, dua dan tiga. Ijazah dua dan tiga ia dapat dari Syekh Imam Bakri dan ijazah satu ia dapatkan dari Syekh Imam Rifai. Ijazah ini pula yang nantinya akan diajarkan kepada para muridnya yang diberi nama Asmaul Haq

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. Hasyim Asyari
  2. Syekh Imam Bakri
  3. Syekh Tholhah
  4. Syekh Imam Rifai

2.3 Mendirikan Pondok Pesantren
Pondok pesantren An Nuur didirikan oleh K.H. Moh. Djamhari Ghozali Anwar pada tahun 1985. Bertempat dipinggiran kota perbatasan Kota Madiun Ponorogo, tepatnya di Dusun Tampo II RT 38 RW 13 Kelurahan Trisono Babadan Ponorogo.

Berawal dari Majlis dzikir yang bernama Asmaul Haq dan kegiatan pencak silat Bunga Islam yang keberadaanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Terbukti dengan semakin banyaknya santri yang berguru kepada Beliau.

Dari tahun ketahun semakin berkembang sampai dibangunlah asrama santri yang menginginkan mukim ditempat Beliau. Berawal dari pembangunan asrama kecil tersebut, santri yang mukim semakin bertambah banyak, dari sekitar Ponorogo, Madiun, Ngawi, Trenggalek bahkan sampai luar kota dan luar jawa. Kemudian dibangun Masjid Baitunnur sebagai tempat pusat kegiatan keagamaan.

KH. Moh. Djamhari Ghozali Anwar wafat pada tahun 1999, kemudian perjuangan diteruskan oleh keluarga dan para santrinya hingga sekarang. Kegiatan Majlis dzikir Asmaul Haq dan pencak Silat Bunga Islam yang merupakan cikal bakal pendirian pesantren, sampai saat ini masih berjalan, dan mendapat tempat tersendiri dihati masyarakat. Para santri dan jamaah tersebar diberbagai kota sampai Sumatra, Kalimantan, bahkan sampai Malaysia dan Brunei Darussalam.

3. Penerus Beliau

3.1 Anak Beliau

  1. Gus Zamzuli
  2. Gus Andri
  3. Gus Maksum Singgih Kusumo Yudo

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Karier Beliau

  1. Pengasuh pesantren An-Nur
  2. Guru Silat IPS Bunga Islam

5. Referensi

https://www.annuurtrisono.sch.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya