Pesantren Riyadhul Jannah Subang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Riyadhul Jannah Subang

Profil
Pondok Pesantren Riyadhul Jannah didirikan pada tahun 1996 oleh Dr. KH. Moch. Ujang Saefullah, Drs., M.M.Pd, pesantren ini menggunakan kurikulum modern dengan tidak melupakan pendidikan pesantren, yaitu tahfidh Al-Qur'an dan pembelajaran kajian kitab kuning. Pondok Pesantren Riyadhul Jannah belokasi di Jl. Raya Prapatan Bandung, Jalancagak-Subang, Jawa Barat.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah memiliki lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan Kemendiknas dan Kemenag di antaranya: SMP, SMA, SMK, dan STAI di bawah kurikulum Kemendiknas, dan MA di bawah kurikulum Kemenag.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah terdapat kegiatan pembacaan Rotibul Hadad setiap seminggu sekali di hari Ahad ba'da Shalat Maghrib untuk ditiupkan pada sebuah botol yang berisi air (gunanya untuk memagari santri dan pesantren), kemudian pembacaan tawassul (kepada Nabi Muhammad SAW, Walisongo, Sunan Gunung Jati, dan muasis pesantren), burdah (bait pertama, tengah, dan akhir), shalawat bahriyah usai Shalat jama'ah 5 waktu, dan santri kelas XII wajib hafal Al-Fiyah 515.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah memiliki fasilitas-fasilitas sangat lengkap dalam pendidikan untuk menunjang belajar para santri. Ekstrakurikuler juga diberikan pilihan dan wajib bagi santri agar dapat mengembangkan dalam pembelajaran, keterampilan,ber-organisasi, dan arah tujuan yang dicapai/cita-cita yang diinginkan.

Sejarah
Pondok Pesantren Riyadhul Jannah didirikan pada tahun 1996, yang mana merupakan perwujudan dari cita-cita Dr. KH. Moch. Ujang Saefullah, Drs., M.M.Pd. Beliau adalah pendiri dan sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah yang berasaskan perjuangan dan dakwah dengan mottonya, “Sekali Berdiri Tetap Tegak”. Seiring dengan berjalannya waktu santri Pondok Pesantren Riyadhul Jannah terus berkembang sehingga pada tahun 1997 bertambah banyak santri yang berasal dari berbagai daerah di Kecamatan Jalan Cagak bahkan dari luar Jalan Cagak.

Untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan formal para santri dan masyarakat sekitar, maka didirikan pula Madrasah Aliyah berdasarkan keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Subang No. MI-07/I/PP.006/694/1997, dan selanjutnya diresmikan menjadi Madrasah Aliyah Keterampilan. Sejalan dengan tuntutan masyarakat yang disertai kepercayaan masyarakat terhadap Yayasan Riyadhul Jannah, maka pada tahun 1998, dengan surat keputusan Diknas No.209/102.21/PR/98, didirikan SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil yang siap pakai bagi dunia industri dan instansi lain.

Pada tahun 1999, atas permintaan masyarakat, pemerintah dalam hal ini Diknas melimpahkan wewenang pengelolaan SMP Kelas jauh Cijambe yang berlokasi di Desa Cimenteng kepada Yayasan Riyadhul Jannah dalam pengelolaan pendidikan, pada tahun yang sama didirikan pula SMP Cinangsi di Kecamatan Cibogo sebagai permintaan salah seorang tokoh masyarakat yang peduli terhadap perkembangan pendidikan.

Pada tahun 2005 Yayasan Riyadhul Jannah mendirikan SMP Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah dan pada tahun 2009 didirikanlah SMA Modern. Program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah adalah kombinasi dari kurikulum Kemendiknas, Kemenag, dan Ma’had Modern Riyadhul Jannah dan dalam proses pembelajarannya menggunakan tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Kurikulum Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah berorientasi pada pemahaman Al-Qur’an, kitab kuning, Bahasa Arab dan Inggris, sehingga siswa dan santri diwajibkan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ketika berada di asrama. Adapun beberapa program unggulan di Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah yaitu: Pertama, program 3 Basic. Program tiga basic merupakan program pembelajaran tiga pengetahuan dasar yang menjadi unggulan di Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah.

Program ini mencakup Basic English, Basic Arabic dan Basic Tahfidz yang di fasilitasi oleh SDM yang professional di bidangnya. Kedua, program kitab kuning, selain tiga basic yang menjadi pondasi pengetahuan siswa, mereka pun dibekali dengan pembelajaran kitab kuning untuk memperkuat agama. Ketiga, English Fun Learning Trip (RJ Goes to Pare, Bali, Singapore dan Malaysia).

Sebagai salah satu puncak dari program basic English, Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah menyelenggarakan English Fun Learning Top, yaitu program pembelajaran Bahasa Inggris ke Pare, Bali, Singapura, Malaysia. Selain siswa-siswi dituntut untuk mempraktekan skill bahasa inggris, mereka pun dapat mengeksplorasi kebudayaan di wilayah tersebut.

Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang senantiasa meningkatkan kiprah dalam mendidik generasi yang beriman, cerdas, berilmu, terampil, memiliki wawasan yang luas, berakhlakul karimah serta menguasai teknologi dan bahasa asing (Bahasa Arab & Inggris) sehingga menjadi peserta didik yang dinamis mampu menjawab dinamika zaman.

Pendiri
DR. KH. Moch. Ujang Saefullah,Drs.,M.M.Pd

Pengasuh
DR. KH. Moch. Ujang Saefullah,Drs.,M.M.Pd

Unit Pendidikan

  1. TPA
  2. Madrasah Diniyah
  3. SMP Riyadhul Jannah
  4. SMA Riyadhul Jannah
  5. SMK Riyadhul Jannah
  6. MA Riyadhul Jannah
  7. STAI Riyadhul Jannah

Ekstrakurikuler
Pesantren Riyadhul Jannah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidz Al Qur'an
  2. Pembinaan Tahsin Al Qur'an
  3. Seni Baca /Tilawah Al Qur'an
  4. Kajian kitab kuning
  5. Al Banjari
  6. Kaligrafi
  7. Muhadharah
  8. Olahraga: Senam, Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Silat, Karate, Atletik, Panahan
  9. Komputer
  10. Marawis/Hadrah
  11. Qasidah
  12. Tari Saman
  13. Ziarah
  14. Arabic Club
  15. English Club
  16. Pramuka
  17. Paskibra
  18. PMR
  19. Drum Band
  20. Jurnalistik
  21. Menjahit


Sholawatan diiringi Hadrah di pesantren Riyadhul Jannah


Pramuka di Pesantren Riyadhul Jannah

Fasilitas
Pesantren Riyadhul Jannah memiliki fasilitas meliputi:

  1. Masjid
  2. SMP Riyadhul Jannah
  3. SMA Riyadhul Jannah
  4. SMK Riyadhul Jannah
  5. MA Riyadhul Jannah
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Kimia
  8. Laboratorium Fisika
  9. Laboratorium Biologi
  10. Lapangan
  11. Sarana Olahraga
  12. Sarana Alat Musik
  13. Asrama Ponpes putra
  14. Asrama Ponpes putri
  15. Ruang konseling/BK
  16. UKS/Poskestren
  17. Hot Spot Area
  18. Kantin
  19. Koperasi
  20. Perpustakaan
  21. MCK dan Sanitasi


Gedung pesantren di pesantren Riyadhul Jannah


Gedung pesantren di pesantren Riyadhul Jannah

ALAMAT

Jl. Raya Prapatan Bandung, Jalancagak-Subang, Jawa Barat. Kode Pos: 40115
Telepon: 0812-2332-1708 (SMPM)
               0877-6057-6632 (SMAM)
               0821-1837-7262 (MA)
               0813-9409-2979 (SMK)

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:  Pesantren Riyadhul Jannah

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.