Ziarah di Makam KH. R. Moch Burhan, Muasis Pesantren Margasari Cijawura, Bandung

 
Ziarah di Makam KH. R. Moch Burhan, Muasis Pesantren Margasari Cijawura, Bandung

 Daftar Isi

  1. Profil
  2. Lokasi Makam
  3. Haul
  4. Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
  5. Fadilah
  6. Peninggalan
  7. Oleh-oleh
  8. Sumber

Laduni.ID, Jakarta - KH. R. Moch Burhan beliau adalah pendakwah Islam di daerah Cijawura Hilir, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung. Selain itu beliau adalah pendiri Pesantren Cijawura Bandung, dan juga sebagai cucu pendiri Pesantren Keresek Garut.

1. Profil

KH. R. Moch Burhan dilahirkan pada tahun 1901. Beliau adalah pendiri Pesantren Cijawura Bandung, sebagai cucu pendiri Pesantren Keresek Garut. KH. R. Moch Burhan merupakan seorang kyai yang mempunyai peranan penting dalam aktivitasnya mengembangkan agama Islam khususnya di daerah Cijawura Hilir, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung.

KH.R. Moch Burhan juga dikenal sebagai seorang ulams nasionalis. Mertuanya, KH. Abdusysyukur dikenal sebagai seorang yang mendukung gagasan Bung Karno. Pengaruh dari mertuanya inilah yang membuat Burhan muda memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Sewaktu muda, saat beliau nyantri di Pesantren Sukamiskin mendapat kedudukan terhormat sebagai W.A. yakni Wakil Ajengan. Selain di sana, beliau juga sempat mengaji di KH. Suja’i Cileunyi dan KH. Syatibi yakni Mama Kaum Sumedang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN