Indonesia Terus Dukung Perdamaian di Kolombia

 
Indonesia Terus Dukung Perdamaian di Kolombia

 

LADUNI.ID,INTERNASIONAL–  Indonesia dan Kolombia sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral, termasuk kerja sama ekonomi. Hal ini disampaikan pada pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Kolombia Carlos Trujillo, di New York.

"Kolombia menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan hubungan bilateral di Asia, termasuk bilateral dengan Indonesia," kata Retno, dalam pernyataan video yang diterima VIVA, Sabtu 26 Januari 2019.
Dalam pertemuan bilateral tersebut, Retno mengatakan bahwa Menlu Kolombia telah mengungkapkan rencananya untuk melakukan tur atau kunjungan ke negara Asia termasuk Indonesia, sekitar bulan April.

"Menlu Kolombia juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran Indonesia dan dukungan yang terus diberikan Indonesia dalam perdamaian yang sedang terus diimplementasikan di Kolombia," ujar Retno.

Selain itu, Retno melanjutkan, Indonesia juga telah menyampaikan kepada Kolombia untuk terus mendukung peace building di negara Amerika Selatan tersebut.  Indonesia telah menyampaikan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Kolombia, mendukung program pasca-konflik khususnya demobilisasi, perlucutan senjata dan reintegrasi. 

Kolombia juga berharap, Indonesia bisa membantu dalam bidang capacity building seperti dalam biodegradasi, plastic management dan disaster management. Indonesia berkomitmen untuk menindaklanjuti permintaan tersebut.

"Kita juga meminta dukungan untuk pencalonan Indonesia dalam UN Human Rights Council yang pemilihannya dilakukan tahun ini, untuk periode 2020-2022," ujar Retno.

Sumber : viva