Pesantren (Dayah) Ashhabul Kahfi, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Ashhabul Kahfi, Aceh Selatan

Sejarah Pesantren
Dayah/Pesantren Ashhabul Kahfi didirikan pada tahun 1989 M/1409 H, oleh Tgk. H. T. Armiya Ahmad (Abon Guha) berdasarkan hasil keputusan musyawarah dengan pimpinan, pemuka masyarakat, dan masyarakat Desa Krueng Batu yang dilangsungkan pada tanggal 18 Mei 1989 M/12 Syawal 1409 H. Pesantren ini berlokasi di Meunasah Dusun Guha Panton Seulaseh, Desa Krueng Batu, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Dalam musyawarah tersebut, telah berhasil pula dibentuk susunan Panitia Pembangunan Dayah Periode tahun 1989–1994. Tugas panitia tersebut adalah merumuskan program pembangunan dayah jangka lima tahun tahap pertama. Diprioritaskan untuk membangun sarana-sarana pokok yang dibutuhkan oleh sebuah dayah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Tradisional.

Dalam jangka waktu tiga tahun telah berhasil dibangun 2 buah Balai Pengajian (bentuk panggung), 3 tempat belajar ukuran 7x7 m (semi permanen), sebuah kantor dan perpustakaan ukuran 5x7 m (semi permanen), 10 unit asrama santri ukuran 3,5x 4 m (semi permanen).

Pada tanggal 24 Januari 1992 M/19 Rajab 1412 H, saat mengadakan acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Dayah ini juga diresmikan oleh Bupati Aceh Selatan saat itu (Alm. Drs. Sayid Mudhahar Ahmad) dan dihadiri oleh berbagai unsur pejabat, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan berbagai elemen lainnya.

Setelah terbentuknya Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Aceh (BPPDA) Nanggroe Aceh Darussalam, melalui badan tersebut pada tahun 2008,2009, dan 2011 Dayah Ashhabul Kahfi telah menerima bantuan untuk melakukan beberapa bangunan dan fasilitas pesantren yang berada di atas sebidang tanah seluas kurang lebih 4000 M2 yang sebagian berasal dari milik pendiri, sebagian yang lain tanah waqaf atas nama H. Abdul Hadis untuk Dayah Ashhabul Kahfi, dan sebagian tanah yang dibeli atas nama dayah.

Seiring dengan perkembangan zaman, lahan-lahan yang terlantar dulu terutama yang berada di lingkungan dayah, sekarang hampir seluruhnya telah dipenuhi dengan bangunan rumah penduduk. Dengan demikian Dayah Ashhabul Kahfi dengan sendirinya sudah merupakan suatu bagian yang ter-integrasi dengan lingkungannya. Maka kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di dayah sedikit banyaknya mempengaruhi lingkungan sosialnya, bahkan dalam kegiatan-kegiatan tertentu seperti peringatan Hari-hari Besar Islam selalu terjalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan lingkungan sosialnya.

Visi
Visi Pesantren Ashhabul Kahfi yaitu, mempertahankan eksistensi Dayah Ashhabul Kahfi sebagai Dayah Salafy, beri’tiqad Ahlussunnah wal Jama’ah, bermazhab Syafi’i dengan mengutamakan pemahaman ilmu-ilmu ke-Islaman, ilmu tauhid, fiqih, tasawuf, dan lain sebagainya.

Misi
Misi Pesantren Ashhabul Kahfi antara lain:
1. Mendidik, membina, mempersiapkan anak-anak dan para remaja agar menjadi generasi muda Islam yang beriman, bertaqwa, beramal shaleh dan berakhlaqul karimah, menjadi manusia yang berguna untuk agama, ibu-bapaknya, keluarganya, dan masyarakat.
2. Membentengi dan menyadarkan generasi muda terhadap bahaya: aliran-aliran, pemikiran-pemikiran, dan adat-budaya yang datang dari luar yang bertentangan dengan syari’at Islam dan untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya kekufuran dan krisis ahklak yang dapat menghancurkan masa depan mereka.
3. Membimbing dan mengarahkan warga masyarakat di lingkungan Dayah untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari untuk meraih kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat dan terwujudnya kehidupan masyarakat yang rukun-damai, aman sentosa, sejahtera lahir-batin yang diridhoi Allah SWT.

Pendiri dan Pengasuh
Tgk. H. T. Armiya Ahmad (Abon Guha)

Unit Pendidikan

  1.  Pendidikan Formal yang diselenggarakan terdiri dari: TPA, tingkatan Ibtidaiyah, dan tingkatan Tsanawiyah.
  2.  Pendidikan Non-Formal: Majelis Taklim dibimbing langsung oleh Pimpinan Dayah/Tgk. Chiek.

Fasilitas
1. 1 ruang kantor/perpustakaan
2. 1 buah mushalla
3. 3 ruang belajar
4. 4 balai pengajian
5. 25 kamar santri putra
6. 3 kamar santri putri
7. 6 unit dapur santri putra
8. 3 unit WC untuk Putera
9. 1 unit tempat wudhu
10. 1 unit dapur umum dan MCK untuk santri putri

Alamat
Jln. Panglima Rasyid Dusun Guha Pantoen Seulaseeh, Desa Krueng Batu, Kec. Kluet utara, Kab. Aceh Selatan, Aceh
Kode Pos: 23771

Facebook: Dayah Ashhabul Kahfi
Instagram: @dayah_ashhabul_kahfi

Sumber
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs web 123dok.com

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.