Tak Mau Ketinggalan, WhatsApp Siapkan Fitur Dark Mode Pada Aplikasi Terbarunya

 
Tak Mau Ketinggalan, WhatsApp Siapkan Fitur Dark Mode Pada Aplikasi Terbarunya

Laduni.id, JakartaDark Mode atau mode gelap menjadi trend di akhir 2018 hingga awal awal tahun 2019. Setelah Facebook Messenger, Youtube, dan Twitter menawarkan mode gelap, WhatsApp dikabarkan tengah menguji mode gelap untuk aplikasinya di Android dan iOS.

WABetaInfo dalam cuitannya telah membocorkan ke internet tampilan mode gelap pada WhatsApp. Isu dark mode ini telah mulai ramai diperbincangkan september lalu, namun baru kemarin muncul versi beta dari fitur tersebut.

Dalam cuitannya, WABetaInfo menyebut render konsep fitur dark mode telah dibagikan oleh seorang pengikut (follower) akunnya. Fitur Mode Gelap ini dikabarkan juga kompatibel dengan ponsel berlayar OLED (organic light-emitting diode), fitur layar smartphone flagship 2019

Ketika mode gelap diaktifkan, seluruh latar WhatsApp menjadi berwarna hitam dan teks berwarna putih. Pengguna perlu mengubah pilihan mode gelap secara manual. Laporan lain menyebut kalau WhatsApp memberikan pikihan bagi pengguna jika ingin menggunakan mode ini pada waktu-waktu tertentu. 

Walaupun sudah dalam versi beta, pihak WhatsApp sepertinya belum memutuskan untuk memasarkan fitur dark mode nya secara luas ke publik. 
 

WABetaInfo@WABetaInfo

A follower sent me this **concept** of WhatsApp for Android with a Dark Mode (OLED compatible).
Do you like it?

523

175 people are talking about this

Twitter Ads info and privacy

Mode gelap belakangan marak digelontorkan oleh pelbagai aplikasi. Menurut Google, salah satu keuntungan mengaktifkan mode gelap adalah untuk menghemat baterai pernagkat Android. Layar yang berwarna putih atau cerah lebih mengonsumsi baterai ketimbang layar yg lebih gelap atau redup, seperti dikutip dari The Indian Express

Penghematannya bahkan bisa mencapai 43 persen, seperti disebutkan Times of India.

Selain itu, tampilan yang lebih gelap juga lebih ramah di mata, terutama ketika di situasi ruangan yang tidak terlalu banyak cahaya, misal ketika malam.

Kontras antara latar hitam dan teks yang lebih cerah tidak terlalu membuat mata lelah. Mode gelap akan terlihat lebih keren ketika diaplikasikan pada perangkat yang mengguankan layar OLED. Sebab warna hitam pada jenis layar ini lebih gelap dari jenis layar lain, sehingga memberikan tampilan yang lebih elegan.

Baru-baru ini Google mengumumkan kalau fitur mode gelap pun akan menjadi bagian Andoid 9 Pie. Ketika fitur ini diaktifkan, maka semua aplikasi akan berubah menjadi mode gelap. 

Tiga sistem operasi besar juga telah mengusung fitur dark mode pada rilis OS terbarunya, Mac OSX sudah memasarkan mode gelapnya pada OSX serti terbarunya, 10.14, Mojave.