AS Mulai Bikin Bom Nuklir Baru, Tak Sengeri Bom Hiroshima

 
AS Mulai Bikin Bom Nuklir Baru, Tak Sengeri Bom Hiroshima

LADUNI.ID,INTERNASIONAL- Amerika Serikat (AS) telah mulai membuat hulu ledak nuklir baru dengan kekuatan rendah untuk misil Trident. Daya ledak bom nuklir terbaru ini tidak separah dari bom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Langkah Washington ini telah diperingatkan para pendukung kontrol senjata dapat menurunkan ambang batas untuk konflik nuklir.

Administrasi Keamanan Nuklir Nasional (NNSA) mengumumkan dalam email bahwa mereka telah mulai membuat senjata di pabrik senjata nuklir Pantex di Texas. Produksi hulu ledak nuklir ini seperti yang diperintahkan dalam dokumen Nuclear Posture Review (NPR) atau Tinjauan Postur Nuklir (NPR) Pemerintah Donald Trump tahun lalu.

NNSA mengatakan yang pertama dari hulu ledak baru telah keluar dari jalur produksi dan itu sesuai jadwal untuk mengirimkan batch pertama—nomor yang tidak ditentukan, yang disebut sebagai "kemampuan operasional awal"—sebelum akhir September.

Senjata baru, W76-2, adalah modifikasi dari hulu ledak Trident yang telah ada. Stephen Young, perwakilan senior Washington dari Union of Concerned Scientists, mengatakan hasilnya kemungkinan besar telah dipotong dengan mengambil satu tahap dari dua tahap asli pembuatan perangkat termonuklir W76.

"Seperti yang dapat kami katakan, satu-satunya persyaratan adalah mengganti tahap sekunder, atau tahap kedua, dengan versi dummy, yang merupakan apa yang mereka lakukan setiap kali mereka menguji terbang rudal," kata Young. 

Dia menambahkan bahwa jumlah tritium dan isotop hidrogen, juga dapat disesuaikan. Hasilnya adalah mengurangi daya ledaknya dari 100 kiloton TNT, menjadi sekitar lima kiloton. Daya ledak tersebut sekitar sepertiga dari kekuatan bom yang dijatuhkan di Hiroshima saat Perang Dunia II.

Pemerintahan Trump berargumen bahwa pengembangan senjata dengan hasil rendah akan membuat perang nuklir lebih kecil kemungkinannya, dengan memberikan AS pencegah yang lebih fleksibel. 

Argumen itu dinilai akan melawan persepsi musuh Washington, terutama Rusia. Menurut pemerintah Trump, AS akan menolak menggunakan persenjataan yang menakutkan dalam menanggapi serangan nuklir terbatas terlebih daya ledak rudal-rudalnya saat ini berada dalam kisaran ratusan kiloton yang bisa memakan korban sipil tak terhitung.

"Senjata dengan hasil rendah membantu memastikan bahwa musuh potensial menganggap tidak ada keuntungan yang mungkin terjadi dalam eskalasi nuklir terbatas, membuat kemungkinan kerja nuklir lebih kecil," bunyi dokumen NPR 2018.

Banyak kritik mengatakan itu adalah skenario optimistis yang mengasumsikan tidak akan ada kesalahan perhitungan di pihak AS.

"Ada banyak skenario lain, terutama dengan seorang presiden yang merasa bangga dengan ketidak-terdugaannya dan telah benar-benar bertanya; 'Mengapa kita tidak dapat menggunakan senjata nuklir kita?'," Kata Young, seperti dikutip The Guardian, Senin (28/1/2019).

Hans Kristensen, direktur proyek informasi nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika mengatakan hulu ledak baru itu menandai terobosan tajam dari kebijakan administrasi Barack Obama untuk tidak membuat senjata atau kemampuan baru. Dia mengatakan produksi bom nuklir yang baru itu berisiko memicu perlombaan senjata dengan Rusia yang melibatkan senjata nuklir yang lebih kecil.

"Sejauh mana hal ini menandakan kesediaan baru dari AS untuk mulai menggunakan senjata nuklir strategis dengan cara taktis dan sangat terbatas di awal potensi konflik?," tanya Kristensen.

"Terus terang, misi yang menjalar adalah kekhawatiran terbesar saya tentang ini," ujarnya.

Ada serentetan perkembangan yang menandakan bahwa perlombaan senjata baru semakin meningkat.

Sumber: Sindonews