Kedubes AS Bantah Trump Dukung Netanyahu di Pemilu Israel

 
Kedubes AS Bantah Trump Dukung Netanyahu di Pemilu Israel

LADUNI.ID, Jakarta – Berdasarkan pengumuman dari Kedubes AS di Tanah Pendudukan bahwa, pemerintah Washington tidak mendukung kandidat mana pun dalam pemilu di Israel.

Pernyataan ini seperti telah dirilis menyusul beberapa ‘ulah’ Donald Trump yang membagikan foto banner kampanye Benyamin Netanyahu (PM Israel) pada Selasa (5/2) kemarin, di akun Instagram-nya.

Kedubes AS pada Selasa malam menegaskan, Gedung Putih tidak mendukung Netanyahu dan partainya dalam pemilu legislatif dan posisi perdana menteri Rezim Zionis.

Sebelumnya, tim kampanye Netanyahu memasang banner besar bergambar dirinya dan Trump di sejumlah titik di Israel. Tindakan ini memicu kekhawatiran akan upaya AS untuk mengintervensi pemilu Rezim Zionis. Kekhawatiran ini kian memuncak usai Trump mem-posting foto banner tersebut.

Hal ini seperti disampaikan oleh juru bicara kedubes AS bahwa, tindakan Trump ini adalah pertanda hubungan dekat antara dirinya dengan Netanyahu.

“Semua orang tahu bahwa Presiden dan PM Netanyahu memiliki hubungan akrab satu sama lain. Tindakan ini menunjukkan persahabatan antara orang AS dan Israel,” ucapnya, seperti dilansir dari situs Times of Israel.

Selain daripada itu, dia juga menegaskan bahwa Washington tidak mendukung kandidat mana pun untuk pemilu mendatang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu kabinet Israel menyepakati pembubaran parlemen dan penyelenggaraan pemilu dini. Pemilu ini direncanakan akan berlangsung pada 9 Mei mendatang. Formasi kabinet baru Rezim Zionis juga akan ditentukan berdasarkan parlemen baru.