Memahami Nukilan Ibnu Katsir soal 3 Fase Akidah Imam Asy'ary

 
Memahami Nukilan Ibnu Katsir soal 3 Fase Akidah Imam Asy'ary
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID, Jakarta - Berikut penjelasan dari nukilan pandangan Ibnu Katsir mengenai tiga fase akidah Imam Abu Hasan al-Asy'ary yang seringkali disalahpahami oleh kelompok Wahhabi. Nukilan tersebut ialah:

قال ابن كثير: ذكروا للشيخ أبي الحسن الأشعري ثلاثة أحوال أولها حال الاعتزال التي رجع عنها ولا محالة والحال الثاني إثبات الصفات العقلية ؛ وهي الحياة والعلم ، والقدرة ، والارادة ، والسمع ، والبصر ، والكلام . وتأويل الخبرية كالوجة واليدين والقدم والساق ونحو ذلك، الحال الثالث إثبات ذلك كله من غير تكييف ولا تشبيه جرياً على منوال السلف وهي طريقته في الإبابه التي صنفها آخراً.

“Ibn Katsir berkata: “Ulama menyebutkan bahwa Syaikh Abil Hasan al-Asy’ari memiliki tiga fase. Pertama, saat masih berfaham Muktazilah yang kemudian beliau rujuk darinya. Fase kedua, menetapkan sifat aqliyyah yaitu hayat, ilmu, qudrah, iradah, sama’, dan kalam, serta menta’wil sifat khabariyyah seperti wajah, yadain, qadam, saaq dan semisalnya. Fase ketiga adalah menetapkan itu semua dengan tanpa takyif dan tasybih berjalan sesuai konsep salaf dan itu adalah methodenya dalam al-Ibanah yang ditulis akhir” (Ithaf as-Sadah al-Muttaqin, li Sayyid Murtadha az-Zabidi, juz II, hlm. 4)

Baca juga: Ustadz Ma'ruf Khozin: Madzhab Al-Hafidz Ibnu Hajar di Bidang Akidah dan Fikih

Banyak yang menukil ucapan Imam az-Zabidi dalam Ittihaf as-Sadah sampai di sini. Yang amanah adalah melanjutkan nukilannya. Dan berikut lengkapnya:

الحال الثالث إثبات ذلك كله من غير تكييف ولا تشبيه جرياً على منوال السلف وهي طريقته في الإبابه التي صنفها آخراً. وشرحها الباقلاني، ونقلها ابن عساكر وهي التي مال اليها الباقلاني وامام الحرمين وغيرهما من أئمة الاصحاب المتقدمين في أواخر أقوالهم

“Fase ketiga adalah menetapkan itu semua dengan tanpa takyif dan tasybih berjalan sesuai konsep salaf dan itu adalah methodenya dalam al-Ibanah yang ditulis akhir, di syarah oleh al-Baqillani, dan dinukil oleh Ibn Asakir. Itulah methode yang dipilih al-Baqillani, Imam Haramain dan selainnya dari kalangan ashhab mutaqaddimin di akhir ucapan mereka”. (Ithaf as-Sadah al-Muttaqin, juz II, hlm. 4)

Sekarang kita fahami, fase ketiga menurut ulama yang dinukil Imam Ibn Katsir.

Fase ketiga Imam al-Asy’ari, menurut nukilan di atas, adalah methode yang diikuti oleh ulama mutaqaddimin Asy’ariyyah yang mentarjih tafwidh (akidah salaf) dari ta’wil (madzhabnya ulama khalaf). Tafwidh adalah methode yang terakhir dari Imam al-Baqillani, Imam Ibn Asakir, Imam Haramain dan lain-lain. Baik tafwidh atau ta’wil semuanya adalah maslak (methode) yang diakui oleh ahlussunnah wal jama’ah. Hanya saja methode tafwidh lebih aslam (lebih selamat) dari pada ta’wil.

Baca Juga: Perilaku Akidah Warga Nahdlatul Ulama

Ringkasnya, tafwidh adalah methode terakhir yang di rajihkan Imam al-Asy’ari dan ulama-ulama Asy’ariyyah mutaqaddimin. Jadi, bukan bertaubat ke manhaj seperti Salafi atau manhaj yang lain. Andai ta’wil sifat khabariyyah dianggap sesat atau kebathilan, tentu ulama-ulama di atas, termasuk Imam al-Asy’ari, akan mengumumkan taubatnya, seperti saat Imam al-Asy’ari taubat dari akidah Mu’tazilah.

Bukti atas klaim di atas adalah ucapan Imam al-Alusi dalam tafsirnya berikut:

وكلام امام الحرمين في الارشاد يميل إلى طريقة التأويل وكلامه في الرسالة النظامية مصرح باختياره طريقة التفويض ....وقد اختاره أيضا الأمام أبو الحسن الاشعرى في كتابه الذى صنفه في اختلاف المضلين ومقالات الاسلاميين وفي كتابه الابانة في اصول الديانة وهو أخر مصنفاته فيما قيل

“Kalam Imam Haramain dalam Irsyad cenderung methode ta’wil. Dan kalam beliau dalam ar-Risalah an-Nizhamiyyah dengan jelas memilih methode tafwidh. Dan itulah pilihan Imam Abul Hasan al-Asy’ari dalam kitabnya yang ditulis dalam Ikhtilaf Mushallin wa Maqalat al-Islamiyyin dan kitabnya, al-Ibanah fi Ushul a-Diyanah. Ia adalah kitab terakhir yang ditulis menurut sebuah pendapat” (Ruh al-Ma’ani, juz XVI, hlm. 157)

Sangat jelas dan tegas, bahwa Imam al-Haramain dalam Risalah Nizhamiyyah mengikuti tafwidh. Dan itulah akidah Imam al-Asy’ari dalam al-Ibanah. Imam Zahid al Kautsari dan Syaikh Abu Zahrah juga mengatakan itu, bahwa manhaj al Ibanah adalah manhaj methode tafwidh.

Baca Juga: Dzat Allah Maksudnya Apa? (Kajian Akidah)

Secara tersirat, ucapan Imam al-Alusi di atas juga menunjukkan bahwa Imam Ahmad bin Hanbal adalah mufawwidh, karena Imam al-Asy’ari dalam al-Ibanah mengakui mengikuti methode-nya Imam Ahmad bin Hanbal. Dan klaim ini sejalan dengan penjelasan ulama Hanbali semisal Imam Ibn al-Jauzi, Imam as-Safarini, Imam Mur’i al-Karmi dan lain-lain.

Oleh : Ustaz Hidayat Nur