Terkait Statemennya, Israel Tak Mau Minta Maaf ke Polandia

 
Terkait Statemennya, Israel Tak Mau Minta Maaf ke Polandia

LADUNI.ID, Jakarta – Hari Kamis (21/2) kemarin, Menteri luar negeri Israel, dia tak akan meminta maaf kepada Warsawa terkait statemennya soal kerjasama orang-orang Polandia dengan Nazi.

Berdasarkan laporan yang dirilis Channel 13 Israel, Yisrael Katz mengaku tidak menyesali ucapannya soal partisipasi Polandia dalam Holocaust, karena, dia mengklaim, banyak orang negara itu yang memang bekerjasama dengan Nazi.

Warsawa, tiga hari yang lalu, menuntut agar menteri luar negeri Israel mengajukan permintaan maaf resmi kepada mereka.

Dalam wawancara dengan radio Israel, Katz mengatakan,”Banyak orang Polandia yang bekerjasama dengan tentara Nazi, serta berperan dalam kematian orang-orang Yahudi.”

“Etika diplomatik memang perlu dan bahkan harus dijalankan. Namun realita sejarah tidak bisa diubah. Antisemitisme sudah ada dalam diri orang Polandia, baik sebelum, saat terjadi, atau setelah Holocaust,” terangnya.

Selain itu, PM Israel yang beberapa waktu lalu melawat ke Warsawa untuk menghadiri konferensi anti-Iran berbuat serupa seperti Katz. Saat masih berada di Polandia dan di monumen peringatan korban Holocaust, Benyamin Netanyahu menuduh Polandia bekerjasama dengan Nazi Jerman.

Netanyahu juga mengkritik draf yang disahkan Polandia tahun lalu; draf yang menganggap klaim partisipasi Polandia dalam Holocaust sebagai tindakan illegal.