Pondok Pesantren Roudhotul Qur'an 2 Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pondok Pesantren Roudhotul Qur'an 2 Banyumas
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pada tahun 2014 Pondok Pesantren Putri Roudhotul Qur'an membuka cabang di daerah Purwokerto Banyumas, yaitu Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an 2 (PPRQ 2). Beralamat di Jalan Karanggintung Rt 1 Rw 3 Sumbang Banyumas. PPRQ 2 dibuka sebagai pesantren mahasiswa dan telah menjadi pesantren mitra IAIN Purwokerto. PPRQ 2 diasuh oleh KH. Drs. Atabik YZ dan Ny. Hj. Nur Sochifah Al Khafidzoh. Putrinya, Hj. Allina Mustaufiatin Ni.mah yang merupakan mahasiswi IAIN Purwokerto yang mendampingi santri-santri di pesantren sejak tahun pertama (2014). Kemudian tahun ketiga (2016) putri ketiga, Hj Rifadatut Diana bersama suaminya yang merupakan putra dari KH. Toha Alawi Al Khafidz, H. Ahmad Musyaffa yang memegang jalannya kegiatan PPRQ 2 sampai sekarang, namun tetap di bawah asuhan KH. Drs. Atabik YZ.

Pada tahun pertama tahun 2014 jumlah santri 7, yaitu 5 santri putri dan 2 santri putra yang merupakan alumni dari PPRQ dan mahasiswa di Purwokerto. Tahun 2015, pembangunan PPRQ 2 berkembang memiliki 1 komplek asrama putri yaitu asrama Jauharatul Qur’an dengan jumlah santri menjadi 30 santri. Pembangunan terus dilakukan dan di tahun ketiga meningkat menjadi 60 santri dengan bertambah 1 komplek asrama putra. Dan sekarang jumlah santri sudah mencapai 95 santri dengan jumlah 4 komplek asrama, yaitu 2 asrama putri dan 2 asrama putra.

SEJARAH

Pondok Pesantren Putri Roudhotul Qur'an (untuk selanjutnya di sebut dengan PPRQ) didirikan oleh Hj. Badi'ah Munawwir, putri pasangan K.H M. Munawwir dan Ny. Hj. Salimah. Nyai Badi'ah merupakan kakak kandung Hj. Jauharoh Munawwir, istri KH. Mufid Mas'ud. Beliau hijrah ke Banyumas tahun 1956 mengikuti suaminya, KH Fathuddin yang kemudian menjadi anggota DPR Banyumas pada waktu itu. Di Banyumas beliau mengangkat Hj. Nur Sochifah, Putri KH. Mufid Mas'ud yang ke-enam sebagai putri angkatnya karena Hj. Badi'ah tidak berputra.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.