Demi Kemudahan Pendidikan, Disdik Sumenep Sediakan 'Si Mantap'

 
Demi Kemudahan Pendidikan, Disdik Sumenep Sediakan 'Si Mantap'

LADUNI.id, Sumenep - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyediakan inovasi dan terobosan dengan meluncurkan program Sistem Informasi Pelayanan Pendidikan Terpadu (Si Mantap) untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan dunia pendidikan di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kabupaten Sumenep, Mohammad Saidi mengatakan, program Si Mantap ini hadir demi memudahkan masyarakat dalam kepentingan pendidikan.

"Banyak fasilitas yang kita siapkan di ruangan Si Mantap tersebut," katanya, Selasa (12/03/2019).

Di ruangan Si Mantap berbagai fasilitas yang menjadi menu layanan disediakan. Mulai dari Si Sekolah (Sistem Informasi Pendaftaran Sekolah), Si Siswa (Sistem Informasi Mutasi Siswa), Si Lisia (Sistem Informasi Legalisasi Siswa), Dapodik hingga PIP (Pusat Informasi Pendidikan), termasuk tempat charger HP atau laptop.

"Ini urusan yang bersifat administratif ya. Termasuk pengurusan ijazah hilang, tapi tidak bisa dalam sehari selesai dikarenakan membutuhkan fakta di lapangan. Tidak cukup dengan surat keterangan kehilangan dari kepolisian," paparnya.

Saidi menambahkan, Si Mantap itu sebagai wujud konkrit memperbaiki mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Dinas Pendidikan.

“Kita hadirkan Si Mantap ini ya kegunaannya memang untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada,” ujarnya, seperti dilansir dari situs resmi Pemkab Sumenep.

Ke depan, lanjut Saidi, pelayanan semua urusan kependidikan akan dipusatkan di ruang Si Mantap. Sehingga pihaknya berharap agar masyarakat memanfaatkan Si Mantap ini sebaik-baiknya.

"Bagi warga yang sudah merasakan pelayanan Si Mantap, tolong diisi Survey Kepuasan Masyarakat. Kita sudah sediakan komputer khusus untuk itu," paparnya. (*)