Dampak Buruk dari Zina Mata

 
Dampak Buruk dari Zina Mata

LADUNI.ID | - Zina mata merupakan sumber untuk melakukan zina yang lain. Karena dapat memicu dosa lain yang lebih besar. Barangsiapa yang tidak mampu mengendalikan matanya maka ia tidak dapat menyelamatkan anggota tubuhnya. 

Nabi Isa As mengatakan, "Jagalah mata kalian karena ia menaburkan benih nafsu syahwat ke dalam hati kalian dan itu sudah cukup menimbulkan bahaya." Nabi Yahya As ditanya, "Apakah sumber zina ?" Jawabnya, " Pandangan mata dan berangan-angan." Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda, "pandangan mata ibarat anak panah beracun yang keluar dari busur panah iblis, maka barang siapa yang menahan pandangannya dari kecantikan seorang wanita karena Allah, niscaya Allah akan mewariskan rasa manis dalam hatinya sampai hari pertemuan dengan-Nya."

Beliau juga bersabda, "Tidak ada fitnah yang lebih besar bagi umatku setelah kematianku selain wanita." Dalam hadis lain beliau juga bersabda, " Takutlah kalian pada fitnah dunia dan wanita. Fitnah pertama yang dialami oleh bani israil  disebabkan oleh wanita." Allah Swt berfirman, " Katakanlah kepada kaum laki-laki beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka." (QS. An-nur : 30). 

Dalam sebuah riwayat istri Rasulullah Ummu Salamah Ra berkata, "Ketika Ibn Ummi Maktum yang buta meminta izin bertemu dengan Rasulullah, aku dan maimunah (istri lain Rasulullah) ada di situ. Rasulullah Saw pun bersabda,"Tutuplah dengan hijab." Kami bertanya, "Bukankah dia buta, tidak melihat kami ya Rasulullah ? lalu kata Beliau, "Memang dia tidak melihat kalian, akan tetapi kalian melihatnya." 

Wallahu a'lam.