Venezuela Tanggapi Pernyataan AS: Kami Sudah Benar

 
Venezuela Tanggapi Pernyataan AS: Kami Sudah Benar

LADUNI.ID, Jakarta – Berdasarkan pernyataan Menteri Pertahanan Venezuela, dia telah menerima sejumlah pesan dari John Bolton, penasihat keamanan nasional AS.

Hal ini seperti dilansir Reuters bahwa, Vladimir Padrino Lopez menyebut bahwa Bolton memintanya untuk “mendampingi’ rakyat Venezuela dan UUD negara tersebut, serta menjauh dari Nicolas Maduro (presiden Venezuela).

Bolton sebelum ini memang memberikan pernyataan melalui Twitter meminta Lopez untuk “memilih jalur yang benar.” Lopez dimintanya untuk berhenti mendukung Maduro agar Venezuela kembali menjadi “negara kaya.”

“Tuan Bolton, kami sudah berada di jalur yang benar. Kami sudah melaksanakan apa yang tercantum dalam UUD kami,” terang Lopez dalam sebuah acara televisi.

Selain itu, Lopez sebelum ini juga pernah menegaskan bahwa militer Venezuela tak akan pernah mendukung presiden boneka AS dan disetir untuk menjaga kepentingan imperialisme.

Sebagai bentuk tekanan atas Venezuela, AS telah menginstruksikan korporasi-korporasi minyak dan kilang minyak untuk mengurangi transaksinya dengan Caracas. Jika tidak, mereka diancam akan dijatuhi sanksi.

Kendati demikian, upaya pemerintah AS untuk melengserkan Maduro dan menahbiskan Juan Guaido (pemimpin oposisi) sebagai presiden Venezeula, masih menemui jalan buntu.

“Venezuela adalah sekutu strategis dan kawan kami. Kami yakin, rakyat Venezuela sendiri sanggup mewujudkan kedamaian di negara mereka,” terang Dubes China untuk Venezuela.

Pesawat itu memuat 65 ton obat dan perangkat medis. Rencananya, bantuan itu akan diberikan kepada orang-orang yang diseleksi oleh pemerintahan Maduro.