Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

 
Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam
Sumber Gambar: Freepik, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Orang tua pasti menghendaki anaknya menjadi manusia yang baik dan berhasil dalam hidupnya, bisa bermanfaat bagi sesamanya dan lebih-lebih menjadi anak yang berbakti. Setidaknya, sang anak bisa hidup layak dan tentram dalam kehidupannya.

Orang tua tidak akan mungkin membiarkan anaknya jatuh dalam hal-hal yang berbahaya, seperti jatuh, terluka atau pun semacamnya. Dalam hal ini, ada nasihat Imam Ghazali yang menarik untuk kita perhatikan. Beliau mengatakan:

وَ مَهْمَا كَانَ الْأَبُّ يَصُوْنُهُ عَنْ نَارِ الدُّنْيَا, فَبِأَنْ يَصُوْنَهُ عَنْ نَارِ الْأَخِرَةِ أَوْلَى

“Sebagaimana mestinya seorang ayah yang menjaga anaknya dari api dunia, maka sungguh menjaga sang anak dari api neraka mestinya lebih penting lagi.”

Al-Ghazali juga menuturkan bahwa jika seorang anak dibiasakan dan diajarkan kebaikan-kebaikan sejak kecil, maka hal itulah yang akan menghiasi sifat-sifat di masa depannya. Dan begitu pun sebaliknya.

Maka di sinilah pentingnya membentuk karakter dan mendidik anak sejak dini. Karena sebagian besar yang mereka terima dan mereka lakukan di masa kecil akan sangat mudah terbawa saat mereka menginjak dewasa. Kebiasaan-kebiasaan yang terus mereka lakukan sejak kecil itu, akan membentuk karakter mereka yang demikian pula.

Di antara hal-hal yang perlu kita didikkan kepada anak-anak sejak dini ialah sebagaimana yang disabdakan Nabi SAW berikut ini:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN