Berdoa Harus Realistis dengan Tindakan

 
Berdoa Harus Realistis dengan Tindakan

LADUNI.ID - Kita boleh berdoa macam-macam sebab Allah memang Maha Kuasa. Tapi kita juga harus realistis dengan kondisi yang kita jalani. Kalau kita memanjat pohon kelapa, jangan berdoa akan memetik mangga.

Rasulullah bersabda :

ثَلَاثَةٌ لَا يُحِبُّهُمُ اللَّهُ: رَجُلٌ نَزَلَ بَيْتًا خَرِبًا، وَرَجُلٌ نَزَلَ عَلَى طَرِيقِ السُّبُلِ، وَرَجُلٌ أَرْسَلَ دَابَّتَهُ ثُمَّ جَعَلَ يَدْعُو اللَّهَ أَنْ يَحْبِسَهَا
"Ada tiga orang yang tak disukai Allah: Orang yang singgah di rumah kosong yang menjadi reruntuhan, orang yang turun di tengah jalan dan orang yang melepas hewan tunggangannya lalu berdoa semoga Allah menjaganya tak kemana-mana." (HR. Thabrani)

Dalam versi as-Suyuthi, hadis itu dinukil dengan redaksi ثلاثة لا يجيبهم ربك (tiga orang yang doanya tak dikabulkan Tuhanmu). Isinya sama tentang tiga orang yang ceroboh: yang satu singgah di rumah kosong yang sudah tak layak tinggal, yang satunya malah nongkrong di tengah jalan, sedang satunya lagi tak mengikat tunggangannya lalu ketiganya berdoa agar Allah menjaga diri atau harta mereka.

Tiga orang ini hanya contoh dari sekian banyak doa yang tidak sesuai dengan tindakan. Ada yang males kerja tapi doa minta kaya. Ada yang males belajar tapi doa minta pintar. Ada yang doa minta jodoh tapi menutup hati rapat-rapat bagi manusia biasa yang punya kekurangan. Dan tak terhitung contoh lainnya. 

Oleh: Abdul Wahab Ahmad

ASWAJA NU Center Jawa Timur