Biografi KH. Muhammad Syukri Unus

 
Biografi KH. Muhammad Syukri Unus
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau

3          Penerus Beliau
3.1       Putera-putera Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karya
4.1       Karya-karya Beliau

5          Referensi  

6.         Chart Silsilah Sanad

1          Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

KH. Muhammad Syukri Unus di lahirkan pada hari senin tanggal 05 Oktober 1948 M bertepatan dengan 1 Zulhijjah 1367 H di desa bernama Harus,
Sungai Malang, Amuntai Tengah (HSU) dari bapak yang bernama Unus bin Ali bin Abd Rasyid dan ibu yang bernama Hj. Mascinta bin Sa‟ad bin Abd Rasyid. Beliau di lahirkan di kalangan keluarga yang taat beragama, sehingga sejak kecil beliau sudah di didik secara agamis dan mencintai kepada ilmu pengetahuan agama, dan mencintai Ulama.

Karena kecintaan orang tuanya (Unus) kepada ulama maka KH. Muhammad Syukri Unus selalu di bawa oleh bapaknya untuk berkenalan dan bersilaturrahmi dengan ulama sehingga pada suatu ketika ada di antara ulama yang mengatakan kepada orang tuanya, anak ini kelak akan menjadi orang yang bermanfaat dan dikemudian hari berkat kecintaan orang tuanya kepada para ulama, dan do‟a ibunya yang mendambakan anaknya menjadi ulama dan anak yang shaleh serta berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

Akhirnya anak yang tercinta inipun lahir sebagai ulama seperti yang dikenal saat ini. Berlakulah sabda Nabi SAW : yang artinya “Seseorang atas siapa yang ia cintai” siapa yang mencintai ulama pastilah anaknya atau cucunya kelak dijadikan Allah SWT menjadi ulama.

1.2       Riwayat Keluarga

KH. M. Syukeri Unus menikahi Hj. Ramlah sepupu dari Tuan Guru KH. M. Zaini Ghani putri dari pasangan H. Asy'ari dan Hj. Siti Zaleha(saudara Kandung Ayah Guru Ijai red). Pernikahan tersebut berlangsung di rumah mertuanya di Gg. Kurnia Pasayangan Martapura dihadiri pula oleh KH. Badruddin dan KH. M. Zaini Ghani.

Setelah menikah beliau pindah ke rumah mertuanya. Bersama istrinya beliau dikaruniai tiga anak yaitu M. Noor, Habibah, dan Laila Badriyyah, beliau menghidupi keluarganya dari hasil sewa asrama milik saudaranya dan penjualan kitab kitab karangannya yang banyak dijadikan panduan berbagai pesantren di Kalsel.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Mengembara Menuntut Ilmu

Beliau belajar di SD (1954 1960) dan SMP (1960 1963). Sejak kecil beliau belajar membaca Al-Qur'an kepada Pamannya sendiri yaitu M. Qadri bin Ali bin Abdurrasyid. Beliau juga belajar Ilmu Tauhid kepada Tuan Guru H. M. Mansyur, serta selalu membaca kitab-kitab Agama Islam secara otodidak dengan langsung menghapalkannya.Wafatnya sang ayah Unus merupakan pengalaman spiritual yang tak terlupakan bagi beliau.

Dan setelah itu tahun 1963 M beliau memutuskan untuk merantau ke Kota Intan Martapura guna mendalami ilmu agama di Pondok Pesantren Darussalam." Saya memutuskan mendalami ilmu Agama setelah ayah saya meninggal " Cerita Guru Syukri.Sebagai pemuda beliau tergolong cerdas dibuktikan dengan selalu Juara satu dikelas sejak SD, SMP, hingga beliau meneruskan sekolah di Pondok Pesantren Darussalam.

Ketika beliau masih tinggal di Amuntai yaitu dari tahun 1958 – 1963 beliau banyak menghadiri Majelis ta'lim yang diasuh oleh beberapa ulama terkenal disana diantaranya, KH. Abdul Hamid ( Guru Tuha Haji Tarus ), KH. M. Suberi, K. Umar Baki, KH. Abd. Muthalib, KH. Mansur, KH. Asy'ari, KH. Hasan, KH. Abdul Wahab Sya'rani, KH. M. Imberan ( Bung Tomo ).Sebelum beliau nyantri di Pondok Pesantren Darussalam beliau belajar dengan temannya yaitu Saudara Umar Hamdan secara Privat ( Khusus Sendiri ).

Tahun 1963 -1964 beliau belajar kepada K.Gusti Imansyah ( Guru Murad ) beliau adalah guru pertamanya sejak nyantri di Pondok Pesantren Darussalam. Pada Tahun 1964 – 1965 beliau berguru kepada KH. M. Rofi'I Ahmad, beliau adalah guru yang disiplin dan ahli dalam ilmu Nahwu dan Shoraf. Tahun 1965-1976 beliau juga berguru kepada KH. M. Husein Dahlan. Tahun 1966 -1967 beliau berguru kepada muhaditsin Kalimantan yakni KH. Anang Sya'rani Arief. Pada tahun 1967 – 1968 beliau berguru kepada KH. M. Ramli. Tahun 1967 -1968 beliau berguru kepada KH. Husein Qadri.

Pada Tahun 1968 -1969 beliau berguru kepada KH. Abd. Syukur.Selain berguru kepada para Ulama yang mengajar di pondok Pesantren Darussalam beliau juga selalu menghadiri majelis ta'lim dikampung-kampung. Tercatat beliau juga berguru kepada KH. Abd. Qadir Hasan, KH. M. Zaini Abd. Ghani, KH. Badruddin, KH. Salim Ma'ruf, KH. A. Royani, KH. Nasrun Thahir, KH. Syarwani Abdan. Beliau belajar kepada KH. Syarwani Abdan atas restu dan perintah dari KH. M. Zaini Abd. Ghani.

KH. M. Syukri pergi ke kota Bangil yang pertama kali tahun 1981 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1401. kemudian tahun 1984 M atau 1404 pada akhir Sya'ban beliau kembali lagi ke kota Bangil untuk mengambil berbagai ijazah berbagai ilmu pengetahuan. KH. M.Syukri adalah seorang yang senang berkunjung kepada para ulama guna mengambil berkah dan ijazah ilmu, diantaranya beliau pernah bersilaturrahmi kepada K. Abdullah Katum ( Wali Katum ) di Tebu Darat Pantai Hambawang Hulu Sungai Tengah, KH. Ahmad Mugeni ( Ayah Negara ) yang berdomisili di Kota Barabai HST, KH. Abd. Rahman di kampung Kopi Barabai, KH. Luqman Kampung Tanta Kelua, KH. M. Ramli Bitin Danau Panggang, KH. Abdul Wahab bin H. Abdurrahaman bin Tuan Lusuk di Anjir Kapuas, KH. Mahfudz Amin Pamangkih, KH. M. Tarmudzi Badruddin Lombok, NTB, KH. Abdullah Faqih Langitan Tuban Jawa Timur, KH. Drs. A. Wahid Zaini SH.

KH.M. Syukri juga mengunjungi dan mengambil Ijazah Sanad Ilmu dan berkah kepada para Masyayikh dan para Habaib, diantaranya Kepada Syikhul Ulama Syeikh Muhammad Hasan Masyath, Syeikh Muhammad Yasin Al-Fadani, Syeikh Ismail Zein Al-Yamani, Syeikh Habib Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani, Habib Hamid Al-Kaff, Syeikh Zein Baweaan al-Hafiz, Syeikh Abd. Karim Al-Banjari Makkah, Syeikh Habib Salim bin Abdullah Asy-Syatiri, Habib Muhammad bin Ibrahim Al-Ahdal, Makkah, Habib Abu Bakar bin Salim Al-Habsyie ( Basirih ), Habib Ja'far Basirih, Habib Zein bin Muhammad Al-Habsyie ( Martapura ), Habib Husein Al-Hamid ( Berani Kulon ), Habib Anis bin Ali Al-Habsyie ( Solo ), Habib Muhammad Al-Ba'bud ( Lawang Malang ), Habib Umar Al-Athas ( Jakarta ), Habib Abu Bakar bin Hasan Al-Attas, Habib Idrus Al-Habsyie ( Ampel, Surabaya ), Habib Muhammad bin Husein Al-Hamid ( Seiwun Hadramaut ), Habib Ali bin Muhsin Al-Hamid ( Seiwon Hadramaut ), Habib Muhammad bin Salim bin Aqil ( Surabaya ), Habib Ali Bahsyiem ( Air Putih Samarinda ), Habib Husein bib Hasan Alaydrus ( Solo ) , Habib Muhammad Zein Al-Kaff ( Gresik ), Habib Syeikh As-Seggaf ( Surabaya ) dan Habib Abdullah bin Ja'far Al-Jufri ( Paiton, Jawa Timur ).

2.2       Guru-Guru Beliau

  1.  KH. Abdul Hamid ( Guru Tuha Haji Tarus )
  2.  KH. M. Suberi
  3.  K. Umar Baki
  4.  KH. Abd. Muthalib
  5.  KH. Mansur
  6.  KH. Asy'ari
  7.  KH. Hasan
  8.  KH. Abdul Wahab Sya'rani
  9.  KH. M. Imberan ( Bung Tomo )
  10.  K. Gusti Imansyah
  11. KH. M. Rofi'I Ahmad
  12. KH. M. Husein Dahlan
  13. KH. Anang Sya'rani Arief
  14. KH. M. Ramli
  15. KH. Husein Qadri

3          Penerus Beliau

3.1       Putera-putera Beliau

Putera-puteri yang menjadi penerus KH. Muhammad Syukri Unus adalah:

  1. M. Noor
  2. Habibah
  3. ​Laila Badriyyah

3.2       Murid-murid Beliau

  1. KH. Ahmad Bakeri Pimpinan ponpes Al Mursyidul Amin Gambut
  2. Dr. KH. Hafiz Anshari Dosen di Banjarmasin
  3. KH. A. Fahmi Zamzami Pimpinan Ponpes Yasin
  4. KH. Suriani. Lc Pimpinan ponpes Raudhah Amuntai
  5. KH. Syamsuddin Guru Ponpes Al-Falah Banjarbaru
  6. KH. Abdussamad. Lc Dosen di Banjarmasin 
  7. KH. Masrani. Lc Dosen di Amuntai
  8. KH. Mu‟ti Guru di ponpes Rakha Amuntai
  9. KH. Abdullah Basya Guru di ponpes Al Falah Banjarbaru

4          Karya

4.1       Karya-karya Beliau      

  1. Karya Tulis Syaikh Muhammad Syukri Unus dalam bidang ilmu
  2. Is’af at-Thalibin Fi Ilmi an-Nahwi
  3. Is’af al-Haidh Fi Ilmi al-Faraihd
  4. Miftah al-Ilmil Mantiq
  5. Is’af al-Murid Fi Fahmi Balaghah
  6. Dalil al-Wadihah Fi Ilmi Balaghah
  7. Dalil al-Murid Fi Ilmi Tauhid Min Jauharah at-Tauhid
  8. Ta’liku Isyaratil Maqal fi lamiyat al-Af’al
  9. Tawdhih al-Masalik Fi Alfiah Ibn al-Malik
  10. Asrar as-saum
  11. Dalil al-Thalibin Fi Ma’rifat Asma al-Hadits
  12. Kitab Rahasia Haji dan Umrah
  13. Irsyad al-Aulad Terjemah Ayuha al-Walad

5         Referensi  

https://www.facebook.com/ceritaparawali/posts/tuan-guru-kh-muhammad-syukri-unus-ahli-nahwu-dari-antasan-senordia-ulama-yang-me/955794334535170/

6. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid KH. Muhammad Syukri Unus dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 21 September 2021, dan terakhir diedit tanggal 07 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya