Sulawesi Tengah Melalui 3 Event Masuk CoE Wonderful Indonesia

 
Sulawesi Tengah Melalui 3 Event Masuk CoE Wonderful Indonesia

LADUNI.ID | - Jakarta. Sepanjang tahun 2019, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi telah menyiapkan  sejumlah Calender of Event (CoE) yang akan diselenggarakan pada tahun ini.   Sebanyak 30 event telah disiapkan, tiga event di antaranya masuk ke dalam 100 CoE Wonderful Indonesia (WI).

Ujar Staff Ahli Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty dalam acara Lauching Calendar of Event Pesona Pariwisata Sulteng 2019 di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (05/04/2019)."Ini merupakan peningkatan karena sebelumnya dua, alhamdulullah tahun ini tiga. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan."

Kemenpar akan mengalokasikan dana sebesar Rp 1 miliar untuk tiga event yang masuk dalam event pariwisata nasional tersebut. Kemenpar juga akan mengoptimalkan promosi dan media value guna menarik wisatawan lokal, maupun mancanegara. Ungkap Esthy.

Esthy juga menjelaskan, event ini harus memiliki inovasi kreativitas dan mengangkat budaya lokal. Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tengah Bidang Hukum, Politik, dan Kesra,

Sulteng berpotensi menjadi tujuan wisata utama Indonesia. Pihaknya sedang mengembangkan unsur aktraksi, amenitas, dan aksesibilitas guna memajukan sektor pariwisata Sulteng. "Kita harapkan semua event wisata bisa terpromosikan sehingga seluruh masyarakat bisa tahu dan datang ke acara tersebut," ungkap Siti Norma.

Tiga event nasional suteng yang masuk 100 CoE WI di antaranya adalah: 1. Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT), akan berlangsung di Pantai Kayubura di Kabupaten Parigi Moutong pada 19-23 April 2019. 2. Festival Pulo Dua, akan berlangsung di Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Banggai pada 25-28 Juli 2019. 3. Festival Danau Tektonik Poso, akan berlangsung di Danau Poso, Tentena pada 26-30 Agustus 2019.