Pesantren Mambaul Falah Piji, Kudus

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Mambaul Falah Piji, Kudus

Profil

Pesantren merupakan salah satu instansi yang lembaganya berbasis keagamaan, yang sah di indonesia. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, tidak dapat dipungkiri bahwa pesantren semakin menjadi kebutuhan bagi masyarakat dalam hal pendidikan agama. Hal inilah yang menjadikan salah satu alasan mendasar didirikan Pondok Pesantren Mambaul Falah Piji Dawe Kudus, atau sering dikenal dengan nama MAFA,
mempunyai arti sumber kebahagiaan, maksud dari sumber kebahagiaan adalah bahagia dalam dunia maupun di akhirat.

Pada tahun 1972 Kyai Shiddiq mendirikan Pondok Pesantren Manba‟ul Falah di Desa Piji Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Pondok pesantren ini didirikan sebagai pelaksanaan ijazah dari Kyai Haji Romli Tamim dan Kyai Haji Muslich Abdurrahman kepada Kyai Shiddiq untuk mengajarkan
ilmu Laa Ilaaha illa Allah dan th}ariqah mulai tahap dasar hingga tahap lanjut. Pondok pesantren tersebut didirikan di atas tanah seluas 1.200 m 2, dan berada di sebelah barat rumah Kyai Shiddiq sekarang.

Pondok Pesantren Mambaul Falah ada beberapa pembelajaran yaitu, MI NU Nahdlatul Wathan dan MTs Manba‟ul Falah pada pagi hari, pembelajaran di Madrasah Diniyah pada sore hari, dan pengajian di pondok pesantren pada malam hari. Dalam perkembangannya, Pesantren Manba‟ul Falah Piji terus mengalami perluasan dan penambahan.

Pada tahun 2009 juga didirikan Sekolah Menengah Kejuruan SMK Manba‟ul Falah Piji. Pada awal pendidiriannya pondok pesantren ini, hanya terdiri dari Pesantren Manba‟ul Falah Putra, kemudian dibuka juga pondok pesantren khusus untuk puteri. Bahkan sekarang, santri putri lebih banyak
jumlahnya daripada santri putra. Sebagian besar santrisantri tersebut adalah siswa- siswi MTs Manba‟ul Falah, siswa- siswi SMK Manba‟ul Falah.

Pesantren Manba‟ul Falah Piji termasuk pesantren fadla’il wa hikmah, yaitu pesantren yang lebih memfokuskan materi ajarnya pada ilmu hikmah dan ilmu keutamaan thariqah. Pengajian thariqah diselenggarakan dengan pada hari Sabtu untuk thariqah untuk santri perempuan dan hari Ahad untuk thariqah untuk laki-laki.

Pada setiap bulan Ramadan juga dilaksanakan khalwatan atau untuk selama seminggu bagi para muridin dan muridat yang sudah lanjut usia. Bagi para santri yang belajar di Madrasah Tsanawiyah Manba‟ul Falah dan Sekolah Menengah Kejuruan SMK Manba‟ul Falah. Para siswa-siswi dari MTs dan SMK inilah yang sesungguhnya menjadi santri mukim di Pesantren Manba‟ul Falah, yang kini berjumlah sekitar 500 orang santri.

Pondok Pesantren Manba‟ul Falah dalam penyelenggaraan pendidikannya lebih menekankan pada penguasaan kitab kuning salaf dan bahasa Arab. Selain kitab-kitab thariqah Qodiriyah wan Naqsabandiyah, kitab-kitab yang diajarkan dipondok pesantren ini di antaranya adalah tafsir al-Jalalain, tafsir al-Munir, Syarah Manaqib, kitab-kitab fikih dasar, dan kitab nahwu dan shorof dasar.

Jika dilihat dari sistem pendidikan, Yayasan Manba‟ul Falah Piji, yang mewadahi seluruh lembaga pendidikan yang didirikan Kyai Shiddiq, menyelenggarakan tiga model pendidikan, yaitu: Pertama, sistem pendidikan moderen yang mengacu kepada kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan khusus untuk MI, MTs, dan SMK. Kedua, sistem pendidikan klasikal di madrasah yang mengacu pada kurikulum Kementrian Departemen Agama khusus untuk Madin.

Ketiga, sistem pendidikan tradisional pesantren dengan kurikulum lokal bercorak salaf yang disampaikan menggunakan metode sorogan, bandongan, dan balagan khusus untuk pondok pesantren. Kegiatan pembelajaran di pondok pesantren dilaksanakan setelah sholat maghrib dan sholat Isya‟. Selain kegiatan belajar rutin di madrasah dan pesantren. Yaitu kegiatan pembacaan surat al-Waqi‟ah yang dilakukan setelah berjamaah shalat Ashar.

Pendiri
KH. Muhammad Shiddiq

Pengasuh
1. KH. Muhammad Shiddiq
2. Drs. KH. Affandi Shiddiq

Pendidikan
Unit Pendidikan

1. MTs
2. SMK
3. Madin
4. Pesantren

Ekstrakurikuler

Pesantren Mambaul Falah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti santri, di antaranya:
1. Tahfidz Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Pendidikan Baca al-Qur’an
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, OSIS
14.
Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah


Hadrah 
di pesantren Mambaul Falah


Ziarah 
di pesantren Mambaul Falah

Fasilitas

 Pesantren Mambaul Falah memiliki fasilitas sebagai berikut:
1.Laboratorium Komputer, Jaringan dan KKPI Memadai
2.Gedung Presentatif
3.Program BPKM (Beasiswa Pelajar kurang Mampu
4.Website Portal Sekolah
5.Hostpot Area Wifi (24 jam)
6.Pengajaran Professional Sesuai Kompetensi (S1,S2)
7.Laboratorium Ber-AC
8.Pondok Pesantren Putra Putri
9.Program BPB (Beasiswa Pelajar Berprestasi)
10.Bimbingan Beasiswa Bidik Misi SNMPTN/SBMPTN


Gedung sekolah di pesantren Mambaul Falah


Gedung Madrasah
di pesantren Mambaul Falah 

Alamat

JL.Kudus-Colo KM. 10, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus Prov. Jawa Tengah
Kode Pos :   59353
Telepon    :  0291-420073

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.