Indonesia Duduki Posisi ke-4 Dunia dalam Produksi Sepatu

 
Indonesia Duduki Posisi ke-4 Dunia dalam Produksi Sepatu

LADUNI.ID, Jakarta - Indonesia sekarang menduduki posisi ke-4 terbesar di dunia dalam hal produksi sepatu. Sepanjang 2018 lalu, Indonesia berhasil memproduksi 1,41 miliar pasang sepatu dan berkontribusi 4,6 persen dari total produksi sepatu di dunia.

“Dari capaian tersebut, Indonesia menduduki posisi ke-4 sebagai produsen alas kaki di dunia setelah China, India, dan Vietnam. Selain itu, kita menjadi negara konsumen sepatu terbesar ke-4 dengan konsumsi 886 juta pasang alas kaki,” terang Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA)  Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta, Minggu (7/4) kemarin.

Selain daripada itu, Gati juga mencatat, jumlah industri alas kaki di Indonesia saat ini mencapai 18.687 unit usaha yang meliputi sebanyak 18.091 unit usaha skala kecil, 441 unit usaha skala menengah dan 155 unit usaha skala besar. Dia juga mengungkapkan, belasan ribu unit usaha tersebut telah menyerap  tenaga kerja sebanyak 795.000 orang.

Lebih dari itu, industri alas kaki merupakan salah satu sektor manufaktur andalan yang mampu memberikan kontibusi besar bagi perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari ekspor alas kaki Indonesia yang mengalami peningkatan hingga 4,13 persen, dari tahun 2017 sebesar USD4,91 miliar menjadi USD5,11 miliar di 2018,

Semua hal ini adalah dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan industri alas kaki nasional, khususnya pada IKM, Kemenperin memberikan kesempatan generasi muda terlibat dalam kegiatan Indonesia Footwear Creative Competition (IFCC) 2019.

“IFCC merupakan kegiatan yang mengusung konsep 3 in 1 Creative Footwear Competition, yaitu melalui desain, fotografi dan videografi,” pungkasnya.