Biografi KH. Ahmad Fauzan

 
Biografi KH. Ahmad Fauzan

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Madrasah

3          Penerus Beliau
3.1       Murid-murid Beliau

4          Karier, dan Karya
4.1       karier Beliau
4.2       Karya Beliau

5          Metode Dakwah Beliau
5.1       Berdakwah dengan Syair

6          Referensi

1 Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir

KH. Ahmad Fauzan dilahirkan kurang lebih pada tahun 1320 H/1905 M di dukuh Penggung, Gemiring Lor, Kec. Nalumsari. Dari keluarga Ibu Nyai Thahirah binti K. Harun bin Kyai Arif dan KH. Abdul Rasul bin Kyai Ahmad Sanwasi.

1.2  Riwayat Keluarga

KH. Ahmad Fauzan menikah dengan Ibu Hj. Mu’minah, dari buah pernikahannya beliau dikaruniai beberapa anak.

1.3  Wafat

KH. Ahmad Fauzan wafat pada 6 Rabiul Akhir 1933 Hijriah atau bertepatan dengan 17 Mei 1972 M. Jenazah beliau dimakamkan di Kompleks Pemakaman Suromoyo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu

Pada awal beliau mengaji, belajar agama di pesantren Bale Kambang Kec. Nalumsari) selama tiga tahun. Pada masa remaja, beliau diasuh oleh Hadrat Al-Syaikh Al-Maghfurlahu Chasbullah (ayah KH. Abdulllah Handziq). Di pesantren ini, beliau mengaji kitab nahwu-sharaf mulai dari al-jurumiyyah sampai alfiyah dengan hafalan kecuali kitab mutammimmah, dan lain-lain.

Beliau mengaji di pesantren Al-Syaikh al-‘Allamah KH. Khalil Rembang bersama KH. Abdur Rosyid bin KH. Zain dan KH. Nur Ali bin KH. Abdul Qodir. Beliau juga mengaji di pesantren KH. Khalil Gemiring Kidul dalam dua periode, pertama tujuh bulan dan periode kedua selama empat bulan dengan mengkhatamkan berbagai kitab syarakh seperti syarakh al-Barzanji, syarah Aqidatul Awam, dan lain-lain.
Pada tahun 1340 H-1342 H/1922 M-1924 M, bekal pendidikan pesantrennya disempurnakan dengan mengaji atau belajar di Makkah al-Mukaromah, sambil nyantri beliau menghafal Al-quran tetapi hanya sampai surat an-nisa’ juz IV dan V.

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatan wawasan keilmuwan serta keberkahan ilmu beliau mengaji di pesantren Hadrat al-KH. Sholeh Amin, Tayu Kabupaten Pati selama lima tahun dari tanggal 6 Dzul Qa’dah 1346 H/25 April 1928 M sampai dengan Sya’ban 1351 H/Desember 1932 M. Di Tayu inilah al-Maghfirlahu ditempa menjadi pemimpin umat.

Mulai tanggal 19 Syawal 1351 H/13 Pebruari 1933 M menghafal Alqur’an dengan disema’ oleh KH. Moh. Zuhri dan Khatam pada hari Ahad tanggal 1 Shafar 1353 H/9 Juni 1934 di Bangsri.

Dalam tradisi pesantren kita mengenal istilah yang disebut “santri keliling”. Maksudnya, seorang santri yang tidak hanya belajar di satu pesantren, ia berpindah-pindah dari satu pesantren ke pesantren yang lain dengan tujuan mengejar ilmu pengetahuan agama sesuai dengan spesialisasi ilmu yang dimiliki sang Kyai. Maka begitulah proses yang dialami oleh KH. Ahmad Fauzan sejak kecilnya.

2.2  Guru-guru Beliau

Guru-guru beliau ketika menuntut ilmu adalah:

  1. KH. Abdul Rasul
  2. Hadrat Al-Syaikh Al-Mghfur lahu Chasbullah
  3. Al-Syaikh al-‘Allamah KH. Khalil Rembang
  4. KH. Khalil Gemiring Kidul
  5. KH. Sholeh Amin
  6. KH. Moh. Zuhri

2.3  Mendirikan dan Mengasuh Madrasah

Setelah belajar agama di berbagai pesantren, KH. Ahmad Fauzan semakin aktif menyebarkan ilmunya. Di Jepara, beliau berhasil mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam. Madrasah tersebut didirikan di daerah Bangsri pada awal 1930-an.

Saat ini, institusi tersebut sudah menjadi MTS/ MA Hasyim Asy'ari. Melalui madrasah itulah, sang kiai terus memperkuat peran dan kiprahnya sebagai seorang ulama.

Bentuk madrasah dipilihnya. Sebab, KH. Ahmad Fauzan tidak mau mendirikan sebuah pondok pesantren. Itu tidak berarti dirinya tidak mampu mengajarkan kitab-kitab klasik keagamaan. Justru, beliau menguasai banyak kitab dan ilmu-ilmu keislaman. Bagaimanapun, sang alim tetap ikut sebagai pengasuh atau pengajar di berbagai pondok pesantren yang ada di sekitar wilayah Jepara umumnya.

Setelah mendirikan madrasah, KH. Ahmad Fauzan terus mengembangkan langkah dakwahnya di daerah tersebut. Dalam periode selanjutnya, beliau lebih banyak menghabiskan waktu untuk berbagai kegiatan menyebarkan ilmu-ilmu agama, dari satu desa ke desa yang lain.

3  Penerus Beliau            

3.1  Murid-murid Beliau 

Murid-murid beliau adalah para santri di Madrasah Bangsri.

4  Karier dan Karya      

4.1  Karier Beliau

Karier sesuai dengan keilmuannya beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:

Pengasuh Madrasah di Bangsri

4.2  Karya Beliau

Selain mengajar dan berdakwah KH. Ahmad Fauzan juga menyempatkan mengarang Kitab. Adapun kitab yang dikarang oleh beliau diantaranya :

  1. Syair Asmaul Husna
  2. Alfiyah al-Ghazaliyah
  3. Syair Isra Mikraj
  4. Syair Pribadi Nabi Muhammad SAW
  5. Syair Pitutur
  6. Syair Kemanusiaan
  7. Syair Kenabian
  8. Syair Akhlak Mulia

5  Metode Dakwah Beliau

5.1   Berdakwah dengan Syair

KH. Ahmad Fauzan merupakan seorang ulama yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Masyarakat setempat mengenal reputasi beliau sebagai alim yang santun, bersahaja, dan berkomitmen kuat dalam mencerdaskan umat. Berbagai pemikiran beliau, baik di bidang keagamaan maupun kebangsaan, juga tampak dari syair-syair karya beliau. Gubahan tersebut selalu mengandung makna edukatif.

Pemikiran KH. Ahmad Fauzan yang tergambar dalam syair-syair beliau menunjukkan kemahiran dalam berdakwah. Kemampuan menerjemahkan suatu nilai-nilai agama menjadi syair-syair adalah salah satu ciri khas yang dimiliki beliau. Masyarakat awam dapat belajar agama dengan melantunkan syair-syair yang diciptakan KH. Ahmad Fauzan .

Selama hidup KH. Ahmad Fauzan , beliau setidaknya  menyusun 11 kitab. Ada beberapa syair karya beliau yang terdokumentasikan dengan baik. Misalnya, Syair Asmaul Husna, Syair Isra Mikraj, Syair Pribadi Nabi Muhammad SAW, dan Syair Pitutur. Ada pula Syair Kemanusiaan, Syair Kenabian, dan Syair Akhlak Mulia.

Di antara gubahan beliau itu, ada yang ditulis dengan bahasa daerah ataupun bahasa Arab, semisal Alfiyah al-Ghazaliyah. Syair tersebut berisi butir-butir nasihat yang disarikan dari karya monumental Imam Ghazali, Ihya Ulum ad-Din. Syair-syair beliau memuat pesan tentang akidah, syariat, tasawuf, dan kebangsaan.

Dalam salah satu syair beliau yang berbahasa Arab, KH. Ahmad Fauzan mengatakan, “Harga diri seseorang itu diukur dengan kadar budi pekertinya atau akhlaknya. Artinya tidak dengan sisi keperkasaan, sisi kepemilikan harta dan sisi keturunan.”

Harga diri seseorang itu diukur dengan kadar budi pekertinya atau akhlaknya. Artinya tidak dengan sisi keperkasaan, sisi kepemilikan harta dan sisi keturunan.

Dalam bait di atas, beliau menekankan bahwa tolok ukur kemuliaan seseorang ialah iman dan akhlak, bukan kepemilikan materi. KH. Ahmad Fauzan selalu mengajarkan agar menjalankan akhlak yang terpuji dan menjauhi maksiat. Sebagai seorang ulama-sufi, keturunan bangsawan Kasunanan Surakarta itu juga menyebutkan dalam kitab beliau yang berjudul Alfiyah al-Ghazaliyah, “Hendaknya engkau memiliki (akhlak) sabar, syukur, memberi salam, ridha, zuhud, taubat, raja’, dan khauf; adil, ikhlas, mahabbah terhadap Tuhan dengan cara sepenuh hati.”

6  Referensi 

Hasil riset tim Laduni.Id

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya