Kenali Manfaat Teh Hijau Untuk kesehatan

 
Kenali Manfaat Teh Hijau Untuk kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Selain teh hitam, terdapat teh hijau yang tak kalah menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat teh hijau yang mungkin paling disukai para kaum hawa adalah membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di Negara Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, teh hijau juga kini mulai dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal tersebut tentu didasari oleh rahasia umum bahwa khasiat teh hijau sangat baik bagi kesehatan.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa khasia darit teh hijau untuk kesehatan :

  1. Menurunkan Berat Badan
    Teh hijau adalah minuman sehat yang dapat mengganti peran minuman manis yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.  Teh hijau ini rendah kalori dan mengandung aneka manfaat sehat untuk tubuh. 

  2. Menurunkan Kolesterol
    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Western University of Health Sciences, California, teh hijau adalah minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Mengonsumsi 10 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan kolesterol total secara optimal. 

  3. Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit
    Menurut sebuah studi pada tahun 2007 yang dilakukan para peneliti dari Medical College of Georgia, teh hijau dapat menjadi pengobatan baru untuk masalah inflamasi kulit, seperti ketombe dan psoriasis. Teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut. 

  4. Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Daya Ingat
    Tim peneliti dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycopharmacology di tahun 2014 mengatakan bahwa teh hijau dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan kognitif yang berhubungan dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia. Kemudian teh hijau juga diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, khususnya untuk daya ingat. 

  5. Khasiat Teh Hijau untuk Mengurangi Risiko Kanker
    National Cancer  Institute pernah menyatakan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor. Para peneliti sangat percaya bahwa kandungan polifenol ini dapat membunuh sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya.