Khasiat Luar Biasa dari Temulawak untuk Kesehatan

 
Khasiat Luar Biasa dari Temulawak untuk Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Temulawak sudah sangat terkenal di Indonesia sejak  ratusan tahun dulu. Temulawak sudah digunakan sejak nenek moyang kita sebagai obat tradisional dan obat herbal untuk kesehatan.

Dr Roy Sparringa, Mantan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM),  menjelaskan bahwa temulawak setidaknya dipakai untuk lebih dari 900 produk obat tradisional yang terdaftar. Hal ini membuat temulawak jadi salah satu tanaman herbal atau tanaman obat unggulan dari Indonesia.

Berikut beberapa khasiat atau manfaat luar biasa dari temulawak :


1. Penambah nafsu makan

Khasiat temulawak yang terkenal adalah sebagai penambah nafsu makan. Hal ini membuat ramuan jamu temulawak sering dimanfaatkan orang tua untuk membuat anak-anaknya mau makan lebih lahap tidak pilih-pilih makanan.

2. Turunkan kolesterol jahat

dr Arijanto menjelaskan bahwa temulawak bisa membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL) berkat kandungan kurkuma. Seseorang bisa mendapatkan manfaat temulawak tersebut dengan cara tradisional yaitu mengonsumsi air rebusannya.

3. Lindungi hati

Khasiat lain dari temulawak adalah untuk para pasien yang harus mengonsumsi obat kolesterol jangka panjang. Alasannya karena menurut dr Arijanto temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi hati akibat efek samping obat.

4. Atasi mag

Seorang profesor bernama  Nyoman Kertia, MD, PhDP dari Universitas Gajah Mada, menyebutkan kalau kurkuma dan minyak atsiri pada temulawak dapat membantu mengatasi penyakit seperti mag. Nilai plusnya adalah konsumsi temulawak relatif aman dari efek samping dibandingkan obat kimia.

5. Menjaga kebugaran

Nila Moeloek, Menteri Kesehatan RI,  mengaku rajin minum jamu temulawak sebagai caranya untuk menjaga kebugaran di tengah kesibukan. Kebiasaan minum jamu temulawak tersebut dikatakan Menkes Nila sudah dilakukannya sejak lama dan hal ini ia terapkan juga untuk seluruh jajaran di Kementerian Kesehatan.