Manfaat Konsumsi Air Hangat untuk Kesehatan

 
Manfaat Konsumsi Air Hangat untuk Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Air merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam tubuh manusia. Karena semua proses metabolisme di dalam tubuh membutuhkan air. Setiap hari manusia dianjurkan untuk minum sekitar dua liter air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, sebagian orang ada yang menyukai air dingin dan sebagian lagi menukai air hangat. 

Mereka mungkin mempunyai alasan masing-masing, akan tetapi tahukah kamu kebiasaan minum air hangat bisa menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat luar biasa dari meminum air hangat :

1. Ringankan konstipasi

Konstipasi merupakan kondisi tidak mengenakkan yang bisa terjadi pada saluran cerna dan bisa disebabkan akibat kurangnya cairan tubuh.

Seperti dikutip dari Medical Dail, Minum air hangat di pagi hari dilaporkan dapat membantu memperbaiki pergerakan usus dan proses pencernaan makanan. Dengan stimulasi tersebut diharapkan fungsi saluran cerna tubuh dapat kembali normal.

2. Redakan nyeri

Menurut Healthline, minum air hangat biasanya lebih baik untuk kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu mengendurkan otot-otot yang kram. Sehingga Air hangat sering disebut sebagai obat pereda nyeri alami, biasa dikonsumsi saat seseorang menstruasi hingga sakit kepala. Panas dari air hangat diketahui memiliki efek menenangkan pada otot-otot perut, yang dapat membantu memberikan efek instan untuk kram dan kejang otot.

3. Cegah penuaan dini

Akumulasi toksin di dalam tubuh dapat membuat sel-sel menua lebih cepat. Untuk mengatasinya rajin minum air hangat dapat membantu membuang toksin dan memperbaiki sel kulit yang membutuhkan cairan. Kulit yang lebih elastis bisa bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya keriput.

4. Membuat tidur nyenyak

Kebiasaan minum segelas air hangat sebelum tidur  sangat baik untuk kesehatan, karena dapat membuat tubuh lebih rileks.Sehingga membantu seseorang untuk mendapatkan tidur nyenyak berkualitas.