Penyakit yang Harus Diwaspadai di Masa Lansia

 
Penyakit yang Harus Diwaspadai di Masa Lansia

LADUNI.ID, Jakarta - Berbagai macam penyakit sangat mudah menyerang orang tua. Karena daya tahan tubuh mereka yang menurun.  Sehingga di masa lanjut usia, sebaiknya lebih menjaga kesehatan. 

Seperti dikutip Vital Record, terdapat beberapa penyakit yang semestinya diwaspadai ketika memasuki usia senja. Berikut penjelasannya.

1. Kemampuan sensori yang terganggu

Pada orang di atas usia 70 tahun masalah kesehatan pada indera mulai menurun, seperti penglihatan dan pendengaran. Satu dari enam lansia emiliki masalah visual dan satu dari empatnya mempunyai gangguan pendengaran. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.


2. Kesehatan mulut

Masalah lain yang sering diderita para lansia adalah masalah Kesehatan mulut. Seperti dilansir CDC, ditemukan sekitar 25 persen orang dewasa di atas usia 65 tidak lagi memiliki gigi alami. Masalah-masalah seperti gigi berlubang dan kerusakan gigi dapat menyebabkan kesulitan mempertahankan diet yang sehat, menurunnya kepercayaan diri, dan kondisi kesehatan lainnya.

Beberapa masalah kesehatan mulut yang biasa terjadi pada orang dewasa yang lebih tua adalah mulut kering, penyakit gusi dan kanker mulut.


3. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit dapat berdampak pada kualitas hidup orang tua. kurangnya asupan serat juga bisa berdampak pada masalah pencernaan lainnya.


4. HIV/AIDS

Berdasarkan laporan pada tahun 2013, CDC menemukan bahwa 21 persen kasus AIDS terjadi pada manula di atas usia 50 di Amerika Serikat, dan 37 persen kematian pada tahun yang sama adalah orang berusia di atas 55 tahun.

Pada orang dewasa yang lebih tua sering terjadi diagnosis HIV yang terlambat karena gejala HIV sangat mirip dengan masalah penuaan yang normal, Dengan demikian, sangat sulit untuk mengobati dan mencegah kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.