Ukraina Mulai Awal Baru Dengan Presiden Baru

 
Ukraina Mulai Awal Baru Dengan Presiden Baru

LADUNI.ID, Ukraina - Volodymyr Zelenskiy yang masih berusia 41 tahun menang telak atas Presiden petahanan Petro Poroshenko dalam pemilihan limpasan di Ukraina hari Minggu (21/4), dan Ia mendapat pujian dari berbagai pihak. 

Namun, kritikus yang menjulukinya "kandidat hologram" semasa kampanye masih mengkhawatirkan nasib Ukraina. Karena Ukraina mempercayakan orang tanpa pengalaman pemerintah menjadi presiden.

Zelenskiy pernah mengatakan ia tidak akan menyerahkan wilayah  konflik yang sudah berlangsung lama di Ukraina timur yang direbut separatis berdasar pengarahan Rusia, tetapi siap bernegosiasi langsung dengan pemimpin Rusia, yang jauh lebih berpengalaman dan yang telah bertekad mempertahankan Ukraina dalam lingkup pengaruh Rusia, Vladimir Putin.

Ukraina merindukan wajah baru setelah lima tahun setelah protes Euro-Maidan menyebabkan presiden yang pro-Rusia, korup dan menolak Eropa, terguling. Oleh karena itu, Zelenskiy menang. Dan demi mendapatkan sesuatu yang baru itu, mereka rela mengabaikan risiko mendukung seorang pemula politik yang diduga punya ikatan dengan oligarki, Igor Kolomoisky.

Pada Malam Tahun Baru, Zelenskiy mengumumkan pencalonannya yang mengejutkan itu. Kemudian Ia segera meraih banyak dukungan kuat dari semua wilayah Ukraina, tetapi dukungan paling kuat datang dari Ukraina timur dan selatan, di mana banyak penduduknya berbahasa Rusia.