MAN 3 Pontianak Lakukan Studi Kolaboratif Antar Mata Pelajaran

 
MAN 3 Pontianak Lakukan Studi Kolaboratif Antar Mata Pelajaran

LADUNI.ID, PONTIANAK - Madrasah Aliyah Negeri 3 Pontianak adalah sebuah Madrasah Aliyah sejenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pontianak yang umurnya baru seumur Jagung yang baru saja berulang tahun yang pertama pada Februari 2019. Madrasah yang berlokasi di Jalan Flora Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara inipun melakaukan Proses pembelajaran sama seperti sekolah-sekolah lainnya hanya saja karena sekolah ini merupakan sekolah Islam berbasis Madrasah maka pembelajaran pun tidak hanya Pelajaran-pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam saja melainkan ada Qur’an Hadits, Bahasa Arab, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Madrasah yang dulunya bernama Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah ini dulunya berlokasi di Jalan S. Parman Pontianak ini sudah memiliki banyak prestasi antara lain Juara 1 Kompetisi Sains bidang Kimia se Kota Pontianak, Juara 1 Putra Tilawah Putra HUT TNI tahun 2018 dan pernah menjadi Duta Kalimantan Barat dalam Perkemahan Pramuka Tingkat Nasional di Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Juara Umum Ke 2 LTUB Tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan masih banyak lagi prestasi yang lain dibidang akademik dan non-akademik. Madrasah yang yang dipimpin oleh Ibu Dra. Hj. Sufiatun, M.Pd ini pun tak tanggung-tanggung telah mendulang segudang prestasi satu diantaranya adalah Ibu Kepala Madarasah itu sendiri yang pernah meraih menjadi Kepala Madrasah Terbaik Ke 2 Tingkat Nasional, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan buat Madrasah dan Kalimantan Barat tentunya.

 

Proses pembelajaran di MAN 3 Pontianak tidak hanya dilakukan didalam kelas dan lingkungan sekolah saja. Beberapa hari yang lalu pada Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Inggris dan Sejarah Indonesia melakukan Outting Class atau yang lebih dikenal dengan sebutan pembelajaran diluar Kelas. Outing Class ini kami kemas dalam kegiatan “Studi Kolaboratif Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Sejarah Indonesia pada siswa-siswi MAN 3 Pontianak”, Kegiatan yang didampingi oleh Bapak Puja Murdianto, S.Pd dan Bapak Syahbani, S.Pd. selaku guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan Sejarah Indonesia ini mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Keraton Kadariah Pontianak dan Museum Propinsi Kalim,antan Barat serta mengunjungi Pusat Pembelajaran Bahasa Asing di American Corner Universitas Tanjungpura Pontianak. Ditempat tersebut siswa dan siswi MAN 3 Pontianak banyak belajar dan menyaksikan langsung dengan narasumber yang ahli dibidangnya. Siswa-siswipun antusias dengan kegiatan tersebut karena terdapat banyak doorprize atau hadiah-hadiah menanti mereka. Program rutinitas yang digawangi oleh Waka Kesiswaan Ibu Nur Aisyah, S.Pd.I ini berpesan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan positif yang perlu dilakukan secara rutin dan jika bisa tidak hanya dilakukan di daerah Kota Pontianak saja tetapi bisa saja ke tingkat Nasional, oleh karena itu mohon dukungan kepada masyarakat luas agar siswa-siswi MAN 3 Pontianak dapat melek sejarah Indonesia dan pastinya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berlandaskan Iman dan Taqwa.

Untuk tahun ini MAN 3 Pontianak juga akan melakukan Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2019/2020 bagi lulusan Siswa-siswi SMP/MTs sederajat. Untuk tahun ini MAN 3 Pontianak akan menerima siswa-siswi dengan daya tampung 120 siswa/siswi. Untuk itu bagi siswa-siswi lulusan SMP/MTs sederajat yang berminat menyambung Pendidikan di MAN 3 Pontianak dapat langsung datang ke MAN 3 Pontianak yang berlokasi di Jalan Flora Kec. Pontianak Utara untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.