Muslimat Parit Pelita Gelar Ziarah Makam Ulama Sambut Bulan Ramadhan

 
Muslimat Parit Pelita Gelar Ziarah Makam Ulama Sambut Bulan Ramadhan

LADUNI.ID, KUBU RAYA - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Pengurus  Muslimat NU Parit pelita mengadakan ziarah ke makam bersejarah yang ada di Pontianak dan Mempawah, Rabu (25/4).

Rombongan terdiri dari 60 orang, yang terdiri dari sebagian pengurus MWCNU Sungai Raya dan Ibu-ibu muslimat NU parit pelita. Dua armada bus digunakan, Mobil pribadi dan sebagian menggunakan kendaraan roda dua. Diantara tujuanny adalah  Makam Sultan Syrif Abdurrahman Alqadri Batu Layang, Makam KH. Fathul Bari Paniraman, Makam Sayyid Husein Alqadri Mempawah, dan Makam Opu Daeng Manambon Mempawah. Di sana, di bawah bimbingan Ustadz Ali Bagir, pengurus MWCNU Sungai Raya, mereka membacakan tahlil.

 “Alhamdulillah, luar biasa senangnya. Selain untuk ziaroh, juga untuk lebih megokohkan ikatan persudaran diantra ibu-ibu muslimat,” tukas Hj. Hosniyah selaku ketua Muslimat NU Parit Pelita.

“Hikmahnya, kita menjadi tahu bahwa ada para penyebar Islam yang sangat berpengaruh di Kalimantan Barat." imbuhnya.

Sehingga, lanjutnya, para rombongan bisa mengambil pelajaran dari perjuangan ikhlas para tokoh-tokoh pejuang islam tersebut.

Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie adalah Pendiri dan Sultan pertama Kerajaan Pontianak. Ia dilahirkan pada tahun 1142 Hijriah / 1729/1730 M, putra Al Habib Husin, seorang penyebar ajaran Islam yang berasal Arab.

Dibawah kepemimpinannya kerajaan Pontianak berkembang sebagai kota pelabuhan dan perdagangan yang cukup disegani. (Abdullah)