Ini 7 Imbauan dari PWNU Jawa Timur Terkait Bulan Ramadhan 1440 H

 
Ini 7 Imbauan dari PWNU Jawa Timur Terkait Bulan Ramadhan 1440 H

LADUNI.ID, Surabaya – Dekatnya waktu bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M. membuat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengeluarkan imbauan untuk melakukan kegiatan syiar Ramadhan kepada seluruh umat Islam dan warga NU khususnya di Jawa Timur.

Berdasarkan surat imbauan bernomor 196/PW/A-II/L/IV/2019 tertanggal 24 Sya’ban 1440 H atau 30 April 2019, tertulis beberapa imbauan kegiatan pada syiar Ramadhan, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Megengan di lingkungan masing-masing dalam rangka menyukseskan Megengan Akbar di Jawa Timur.
  2. Menyemarakkan Ziarah Kubur.
  3. Menyelenggarakan Bersih-bersih Masjid, Musholla dan Makam di lingkungan masing-masing.
  4. Mengikuti pemerintah Indonesia dan Ikhbar hasil Rukyatul Hilal Nahdlatul Ulama tentang penetapan awal dan akhir bulan Ramadhan.
  5. Menyemarakkan Ramadhan dengan Tadarus (Khotmil Quran), Qiyamul Lail dan Kultum atau Kuliah Subuh di Masjid atau Musholla masing-masing.
  6. Menyemarakkan Pengajian dan pendalaman Kitab-kitab di Pesantren-pesantren atau kantor NU masing-masing.
  7. Menyerukan kepada para Da’i/Mubaligh NU untuk selalu menyampaikan tausyiyah Ramadhan dengan ajaran tawassuth, tasamuh dan tawazun.

Menurut Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar, dengan adanya surat tersebut bisa menambah nilai pahala di Bulan Ramadhan.

“Kami berharap imbauan ini dilakukan dengan sebaik-baiknya dan istiqomah, sehingga kita dapat menambah nilai pahala di bulan Ramadhan,” imbau KH Marzuqi Mustamar.

Selain itu, KH Marzuki Mustamar juga menghimbau agar bulan Ramadhan bisa menjadi lahan untuk melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya.

"Jadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk introspeksi atas segala kesalahan dengan jalan memohon ampunan dan rahmat Allah SWT serta berlomba-lomba demi kebaikan," imbuh KH Marzuki Mustamar.