Pesantren Daarul Mu'minin Wajo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Daarul Mu'minin Wajo

Profil

Pondok Pesantren Daarul Muminin Doping Kab. Wajo merupakan salah satu Cabang Pondok Pesantren As’adiyah  Pusat Sengkang , pada awalnya pesantren ini  hanya membina Tingkatan Madrasah Diniyah Awaliyah As’adiyah (MDA), yang dibina langsung oleh KM. H. Agustan Ranreng, S.Ag bersama dengan Istrinya

Adapun motifasi pendirian Pesantren tersebut merupakan cita-cita mulia dan luhur yang didasarkan pada tanggung jawab secara keilmuan setelah melihat realitas masyarakat yang masih awamnya ilmu pengetahuan agama di sekitaran Kec Penrang, dimana  perilaku kehidupan masyarakat cenderung  berperilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam seperti melakukan perbuatan syirik, mabuk-mabukan, perilaku kekerasan sesamanya

Dalam merintis pesantren ini tidak sedikit rintangan dan cobaan yang harus dihadapinya. Termasuk diantaranya ialah menghadapi orang-orang yang tidak senang dengan kehadiran pesantren Daarul Mu’minin Doping. Bahkan beliau (Agustan Ranreng), Selalu dicaci maki oleh orang-orang yang tidak senang dengan pesantren. Semua itu tidak membuatnya pesimis dengan cita-cita luhurnya untuk terus mengembangkan pesantren. Karena dia yakin betul, bahwa jika kita berjuang di jalan Allah, maka Allah pun akan selalu menolong kita.

Diantara langkah-langkah strategis yang dilakukannya dalam merintis pesantren Daarul Mu’minin, yaitu membangun Komonikasi dengan Anre Gurutta di As’adiyah, Para Dermawan dan Pihak  pemerintah

Sebesar apapun rintangan yang kita hadapi akan terasa mudah untuk diselesaikan jika kita mempunyai tekad bulat dan mampu beristiqamah. Demikian nasehat yang selalu disampaikan Oleh Anre Gurutta Al-Marhum K.H. Abdul Malik Muhammad kepada santri se-angkatan Agustan Ranreng. Wujud komitmen dan konsistensi mutlak dibutuhkan dalam perjuangan, hal inilah yang mengantarkan Agustan Ranreng menuju pintu kesuksesannya sebagaimana dulu  yang beliau pernah cita-citakan yaitu untuk membangun pesantren pada saat nyanti di Gurutta Al-Marhum KH.Abdul Malik.

Setelah melewati masa-masa perjuangan dan pembinaan internal, maka Pondok Pesantren  Daarul Mu’minin Doping membuka sayapnya, melebarkan misi dan cita-citanya mengajarkan Agama Islam dan mendidik anak para fuqaraa dan masakin, sehingga pengurus berupaya untuk pengadaan lokasi pesantren.

Melihat kondisi perkembangan santri pesantren, semakin berkembang jumlah santri, dan bukan hanya santri yang berdomonsili di Doping, bahkan dari luar kecamatan Penrang, sehingga pada tanggal 01 September 2005. Dan pada tanggal 07 Mei 2006 dibuka Madrasah Aliyah Daarul Mu’minin As’Adiyah Doping yang dihadiri langsung oleh Bupati Wajo, ketua DPRD Wajo, unsur Muspida dan lapisan masyarakat kecamatan Penrang.

Untuk mencapai cita-cita Pesantren Daarul Mu’minin Doping Kab. Wajo, maka.Agustan Ranreng, selalu aktif menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk komunikasi salah satu Pengusaha Sukses kelahiran Kecamatan Penrang yaitu Bapak H. Andi Baso Abdullah, SE yang merupakan menantu mantan Bupati Polmas Alm. H. Andi Kube Dauda, sehingga pada tanggal 07 Maret 2007 telah resmi dinobatkan sebagai Ketua Badan Pembina Yayasan Daarul Mu’minin melalui rapat Badan Yayasan (RBY) sekaligus Pendiri Yayasan, dengan dinobatkannya beliau sebagai Ketua Badan Pembina dan Badan Yayasan, banyak terobosan-terobosan yang dilakukannya.

Pondok Pesantren Daarul Mu’minin terletak di Kelurahan Doping (Ibu Kota Kecamatan Penrang) Kab. Wajo Propinsi Sulawesi Selatan, 42 km dari Kota Sengkang (Ibu Kota Kab. Wajo), arah timur wajo yang menghubungkan Kab. Bone dengan Kab. Luwu, Kab. Wajo dengan Propinsi Sulawesi Tenggara sehingga Pondok Pesantren Daarul Mu’minin Doping Wajo berada pada posisi jalur Pesisir Teluk Bone.

Pengasuh
KM. H. Agustan Ranreng, S.Ag

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. TK/RA
  2. MTs
  3. MA
  4. SMK
  5. AKBID

Pendidikan Non Formal

  1. Tahfidzul Quran
  2. Madrasah Diniah

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Paskibra
  13. Sepakbola
  14. Voli
  15. Basket
     


 


Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
3. Gudang
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Dapur
11. Aula
12. Lapangan
13. Kantor

 





Alamat

Jl K.H Muh As' Ad No. 7 Doping, Kab. Wajo, Propinsi Sulawesi Tenggara


Telepon: +62 822-5080-7451

Kode Pos: 90983

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.