Motivasi Muslim: “Kesadaran” dalam Kerjasama Tim

 
Motivasi Muslim: “Kesadaran” dalam Kerjasama Tim

LADUNI.ID, Jakarta - Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama, Wikipedia
Jadi secara definisi, jika ada sekelompok orang memiliki tujuan bersama, maka itu adalah sebuah organisasi. Bentuknya/wadahnya bisa sebuah negara, perusahaan, klub hobi, tim olahraga, bahkan keluarga sekalipun.

Dari definisi di atas kita dapat menyimpulkan, bahwa "SEKELOMPOK ORANG" yang berkumpul dalam "wadah" yang sama itu, perlu berkolaborasi, bersinergi, selaras agar "TUJUAN BERSAMA" yang ingin dicapai dapat terwujud. Atau dengan kata lain diperlukan "BEKERJA SAMA" untuk mencapai "tujuan bersama", dan ini adalah hukum dasar dari sukses nya sebuah organisasi, apapun bentuk organisasi itu.

Seperti contoh dalam olah raga balap sepeda, diperlukan kerjasama tim yang bagus, untuk mencapai kemenangan. Dari contoh tersebut sekiranya ada beberapa hal yang dapat kita ambil pelajaran.

1. Setiap anggota tim mempunyai peran dan TANGGUNG JAWAB yang berbeda-beda. Ini disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuannya.
2. Setiap anggota tim, SADAR, dan disiplin dalam menjalani perannya. Mereka tahu, bahwa peran mereka sekecil apapun akan berdampak untuk keberhasilan tim (baca : organisasi).
3. FOKUS dan konsisten, di video terlihat tim lawan berusaha memecah kerjasama tim, namun tim tetap fokus dan konsisten dalam bersinergi.

Itulah kiranya 3 hal (dari banyak hal) yang menurut saya dapat diambil pelajaran dari video ini. Dan dari 3 hal tersebut, hal yang paling terpenting adalah peran KESADARAN dari anggota tim atas perannya dalam mencapai tujuan.

Karena sering terjadi dalam sebuah organisasi, contohnya sebuah perusahaan, meski sudah dijelaskan apa yang harus dikerjakan, namun seringkali anggota tim TIDAK SADAR atas peran pentingnya, sehingga tanggung jawab yang diperaninya seperti asal-asalan, atau secukupnya saja.

Atau karena level "KESADARANNYA" rendah, ada anggota tim yang cenderung mengandalkan orang lain, berpikir bahwa 'tanggung jawab' itu akan ada orang lain yang mengerjakan, menyelesaikan. Dan biasanya orang seperti ini suka menyalahkan anggota tim yang lain. Jika ini yang terjadi, ini bahwa, sebuah organisasi, lambat laun akan hancur.

Untuk itu diperlukan figur PEMIMPIN yang dapat membangun "KESADARAN" dan juga menjaga "FOKUS" tim dalam bersinergi mencapai tujuan bersama. Karena tanpa pemimpin yang handal akan sulit untuk membentuk, dan menjalankan organisasi dengan tim yang handal.

Pertanyaannya?

Peran apa yang harus Anda lakukan, dalam organisasi dimana Anda berada, yang hal itu dapat mewujudkan TUJUAN BERSAMA organisasi Anda?
Apakah Anda yakin peran itu dapat BERDAMPAK kepada keselarasan kinerja tim? Atau sebenarnya itu hanya menguntungkan Anda?

Apa yang terjadi dengan organisasi, jika Anda dikeluarkan dari anggota tim? Apakah tim akan baik-baik saja, melesat maju? Atau makin terpuruk tanpa keberadaan Anda?

Dalam bekerja sama Islam sendiri memerintahkan umatnya untuk saling bekerja sama, tolong menolong dalam kebaikan.
Alloh Azza Wa Jalla berfirman dalam Al-Qur'an, Surat Al-Maidah ayat 2 :

“… dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Alloh, sesungguhnya Alloh amat berat siksa-Nya.”

Dan pastikan, Kita memiliki peran yang signifikan untuk kesuksesan organisasi kita. Memberikan sebanyak-banyaknya manfaat bagi orang lain, sebagaimana

Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, dalam sebuah hadits
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”

Semoga Alloh Azza wa Jalla, menjadikan kita sebagai manusia-manusia yang terbaik, menjadi inspirasi kebaikan.
Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Wallahu A'lam Bishawab
Semangat Hari Baik

Penulis: Salman Al Farisy